Meski Jadi Pemicu Ledakan di Lebanon, Ini Manfaat Amonium Nitrat

Meski Jadi Pemicu Ledakan di Lebanon, Ini Manfaat Amonium Nitrat

Josina - detikInet
Kamis, 06 Agu 2020 15:52 WIB
amonium nitrat
Menjadi Pemicu Ledakan di Lebanon, Ini Manfaat Amonium Nitrat. (Foto: Sky News)
Jakarta -

Sebuah ledakan dahsyat terjadi di kota Beirut, Lebanon pada Selasa, (4/8/2020). Peristiwa ledakan ini disebutkan oleh pemerintah Lebanon akibat dari tumpukan sebanyak 2.750 ton amonium nitrat yang tersimpan di gudang pelabuhan.

Amonium nitrat sendiri merupakan garam ionik yang terdiri dari kation amonium (NH4) dan anion nitrat (NO3) sehingga menjadi formula senyawa amonium nitrat (N2H4NO3).

Senyawa yang dimiliki amonium nitrat memiliki manfaat-manfaatnya meski jika tak hati-hati peristiwa sangat fatal bisa terjadi seperti yang dialami negara Lebanon.

Berikut manfaat dari amonium nitrat sebagaimana dilansir detiKINET dari Gardening Know How:

Sebagai Pupuk Tanaman

Amonium Nitrat ini sangat dibutuhkan di industri pertanian di mana senyawanya dapat dijadikan sebagai pupuk karena kaya akan nitrogen yang dapat menyuburkan tanaman. Karena salah satu kunci utama untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman yang sehat adalah nitrogen. Unsur hara makro ini akan bertanggung jawab atas produksi tanaman yang hijau dan berdaun serta meningkatkan kesehatan pada tumbuhan.

Nitrogen sendiri berasal dari atmosfer, namun bentuk ini memiliki ikatan kimia yang kuat sehingga sulit diserap oleh tumbuhan. Karena itu dibutuhkan bentuk nitrogen yang mudah untuk diserap tanaman salah satunya adalah pupuk yang berasal dari amonium nitrat.

Jenis pupuk ini sudah banyak digunakan sejak tahun 1940-an. Karena senyawanya cukup sederhana untuk dibuat dan tidak memakan biaya mahal, sehingga menjadikan amonium nitrat pilihan utama bagi tenaga profesional pertanian.

Amonium nitrat memiliki nutrisi utama tumbuhan yang dapat diserap melalui akar atau dari stomata pada daun dan batang. Sumber nitrogen tambahan sering ditambahkan ke tanah dan tanaman di daerah tanpa sumber nitrogen alami yang memadai.

Salah satu sumber nitrogen padat pertama yang diproduksi dalam kapasitas skala besar adalah amonium nitrat. Pupuk amonium nitrat adalah penggunaan senyawa yang paling umum, tetapi juga memiliki sifat yang sangat mudah menguap, sehingga berguna di industri tertentu.

Senyawa ini berbentuk kristal hampir tidak memiliki bau dan tidak berwarna. Menggunakan amonium nitrat di kebun dan ladang pertanian skala besar dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman dan menyediakan pasokan nitrogen yang siap digunakan tanaman. Pupuk amonium nitrat adalah senyawa sederhana untuk dibuat.

Dijadikan Bahan Peledak dan Kembang Api

Selain digunakan sebagai pupuk, amonium nitrat juga digunakan di sektor pertambangan dan konstruksi. Sebabnya senyawa yang bersifat eksplosif dapat berguna dalam pertambangan seperti tindakan pembongkaran dan pekerjaan penggalian.

Butiran amonium nitrat sangat berpori sehingga dapat menyerap sejumlah besar bahan bakar. Paparan api akan menyebabkan ledakan yang lama, berkelanjutan dan besar. Dalam kebanyakan kasus, senyawa tersebut sangat stabil dan hanya dapat meledak dalam kondisi tertentu.

Selain itu karena sifatnya yang eksplosif, amonium nitrat juga kerap digunakan dalam piroteknik seperti penggunaan kembang api.

Bahan Pembeku

Amonium nitrat juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembeku, karena jika senyawanya dicampurkan dengan air akan menyebabkan suhu turun hingga 2-3 derajat Celcius. Akibatnya, air akan membeku dengan cepat.

Manfaat dari pembekuan ini bisa digunakan sebagai pendingin makanan agar tetap awet, meringankan sakit luka di tubuh. Sebab reaksi endotermik dari campuran amonium nitrat dan air menghilangkan panas dari bagian tubuh, 'membekukan' area yang sakit.



Simak Video "Amonium Nitrat Diduga Jadi Penyebab Ledakan di Lebanon, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)