Hubungan Amonium Nitrat dan Film Fast and Furious

Hubungan Amonium Nitrat dan Film Fast and Furious

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rabu, 05 Agu 2020 19:05 WIB
Mobil Fast & Furious Dilelang
Hubungan Amonium Nitrat dan Film Fast and Furious (Foto: Motor1)
Jakarta -

Ledakan di Lebanon disebabkan amonium nitrat. Ada fakta unik bahwa zat ini berhubungan dengan film Fast and Furious dan gas tertawa.

Amonium nitrat selama ini dikenal sebagai bahan untuk pupuk karena mengandung nitrogen yang bermanfaat untuk tanaman. Namun, harus hati-hati menyimpannya. Amonium nitrat juga bisa meledak.

Amonium nitrat (NH4NO3) dalam ilmu kimia diketahui adalah bahan untuk menciptakan gas tertawa (laughing gas) dan pada bentuk lain gas untuk nitrous oxide system (NOS) yang digunakan untuk mobil balap.

Dikutip dari Science Notes, Rabu (5/8/2020) adalah ilmuwan kimia asal Inggris, Sir Humphry Davy (1778-1829) yang pertama kali bereksperiman dengan amonium nitrat untuk menciptakan gas tertawa.

Caranya adalah, Davy memanaskan amonium nitrat sampai suhu tertentu sehingga terurai menjadi dinitrogen oksida dan uap air. Persamaan kimianya adalah sebagai berikut:

NH4NO3 (s) → 2 H2O (g) + N2O (g)

Amonium nitrat harus dipanaskan dengan perlahan dengan suhu antara 170-240 derajat Celcius. Lebih panas dari itu amonium nitrat bisa meledak seperti kejadian ledakan di Lebanon.

Apa manfaat N20? Dinitrogen oksida (N2O) adalah zat anestesi yang suka dipakai dokter gigi kepada pasiennya. Nama lainnya adalah gas tertawa karena menimbulkan efek gembira dan halusinasi ringan kepada yang menghirupnya.

Dinitrogen oksida dalam jumlah banyak bisa merusak ozon. Dinitrogen oksida juga dipakai untuk mobil balap untuk menambah kecepatan yang disebut NOS (Nitrous Oxide Systems).

Kalau kamu suka menonton film Fast and Furious, pasti tahu dong kalau Dominic Toretto dan teman-temannya suka memakai NOS untuk melakukan aksi kebut-kebutan.

Kejadian ledakan di Lebanon adalah bukti kalau amonium nitrat bisa sangat berbahaya kalau sampai meledak. Sedikit saja, bisa membuat mobil Dominic Toretto melesat secepat kilat. Sekarang bayangkan kalau yang meledak sebanyak 2.750 ton.

Tidak heran kalau dampak ledakan tersebut tidak main-main. Puluhan orang tewas dan 4.000 lainnya luka-luka akibat insiden ledakan bahan kimia tersebut.



Simak Video "Amonium Nitrat Diduga Jadi Penyebab Ledakan di Lebanon, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)