Crew Dragon Selamat Tiba ke Bumi, NASA dan SpaceX Cetak Sejarah

Crew Dragon Selamat Tiba ke Bumi, NASA dan SpaceX Cetak Sejarah

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 03 Agu 2020 07:08 WIB
(FILES) In this file photo taken on May 30, 2020, NASA astronauts Bob Behnken (R) and Doug Hurley walk out of the Operations and Checkout Building on their way to the SpaceX Falcon 9 rocket with the Crew Dragon spacecraft on launch pad 39A at the Kennedy Space Center in Cape Canaveral, Florida. - The first US astronauts to reach the International Space Station on an American spacecraft in nearly a decade might not come home this weekend as scheduled because of Hurricane Isaias, NASA said July 31, 2020. (Photo by JOE RAEDLE / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)
Dua Astronot misi historis SpaceX-NASA mendarat di Florida. Foto: AFP/JOE RAEDLE
Jakarta -

Astronaut NASA, Bob Behnken dan Doug Hurley, kembali ke Bumi dengan selamat. Kapsul Crew Dragon SpaceX yang membawa keduanya mendarat dengan selamat di lepas pantai Pensacola, Teluk Meksiko, Minggu (2/8/2020).

Behnken dan Hurley tiba di ISS pada akhir Mei setelah peluncuran yang lancar. Jadwal kepulangan mereka ke Bumi awalnya tidak pasti karena adanya badai besar di sepanjang pantai Florida.

Namun akhirnya Crew Dragon berangkat dari ISS pada Sabtu (1/8/2020) 16:35 PT. Ada tujuh lokasi potensial pendaratan di Teluk Meksiko dan Samudra Atlantik untuk dipilih. Lepas pantai Pensacola, Florida yang kemudian terpilih.

Pada pukul 13.51 waktu setempat, kapsul membuang 'belalainya' yang berisi energi, panas, dan sistem lainnya. Selang beberapa waktu melontarkan pendorongnya untuk bermanuver sendiri ke orbit dan lintasan yang tepat untuk pendaratan.

Pukul 14.32, kapsul memasuki atmosfer dengan kecepatan 17.500 mph (28.000 kph). Ini menimbulkan pemanasan hebat mencapai 1.927 derajat Celcius.

Setelah mencapai ketinggian tertentu, Crew Dragon mengerahkan serangkaian parasut untuk membantu memperlambat kecepatan sebelum pendaratan di air.

Kendati diliputi kekhawatiran terhadap badai, untungnya cuaca bertahan dengan baik. Ini memberikan astronaut air yang tenang untuk mendarat.


Tepat pukul 14.48 waktu setempat kapsul Crew Dragon mendarat mulus di air. Kedatangannya ternyata disambut banyak kapal pribadi mengelilingi lokasi pendaratan untuk menyaksikan momen mendebarkan itu.

Kapal pemulihan SpaceX bernama GO Navigator langsung mendekat ke lokasi untuk mengambil kapsul, kru dan parasut. Para astronaut memberikam tanda jempol ketika mereka didorong dari kapsul dengan dengan tandu - prosedur normal sebagai astronaut menyesuaikan dengan gravitasi Bumi.

"Terima kasih telah melakukan bagian yang paling sulit dan bagian terpenting dari luar angkasa manusia - membawa kami ke orbit dan membawa kami pulang," kata Behnken yang pertama kali keluar dari kapsul. "Terima kasih banyak atas kapal Endeavour yang baik. "

Hurley keluar beberapa saat kemudian. "Bagi siapa pun yang menyentuh Endeavour, Anda harus meluangkan waktu untuk menghargai hari ini mengingat semua yang terjadi tahun ini," katanya.

Setelah dievakuasi, Hurley dan Behnken langsung dilakukan perekaman medis sebelum dibawa ke daratan. Kedua astronaut NASA ini dijadwalkan terbang kembali ke Houston pada Minggu (2/8/2020) untuk dipersatukan kembali dengan keluarga mereka.