Tonton Langsung Peluncuran Misi Mars 2020 di YouTube

Tonton Langsung Peluncuran Misi Mars 2020 di YouTube

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 30 Jul 2020 15:00 WIB
Alexander Mather, of Burke, Va. stands next to a model of the Mars 2020 rover he named in a contest during a news conference at the Kennedy Space Center Tuesday, July 28, 2020, in Cape Canaveral, Fla. Mather, submitted the winning entry in NASAs
Tonton Langsung Peluncuran Misi Mars 2020 di YouTube Foto: AP/John Raoux
Jakarta -

NASA akan meluncurkan rover Perseverance sebagai bagian dari misi Mars 2020 dalam hitungan jam. Misi ini akan meluncur ke Mars pada hari ini, Kamis 30 Juli pukul 18.50 WIB dan bisa ditonton secara langsung.

Perseverance akan diterbangkan menggunakan roket Atlas V milik United Launch Alliance (ULA) dari Space Launch Complex 41 di Cape Canaveral Air Force Station di Florida, AS.

Live stream akan dimulai pada pukul 7.00 EDT atau 18.00 WIB, dengan jendela peluncuran yang akan buka hingga pukul 9.50 EDT atau 20.50 WIB. Peluncuran ini bisa ditonton lewat channel YouTube resmi NASA di sini atau di sini. Kalian juga bisa menonton live stream lewat akun media sosial NASA di Twitter, Facebook atau Twitch.

Dikutip detikINET dari Space, Kamis (30/7/2020) perkiraan cuaca di waktu peluncuran terbilang bagus, dengan 80% kemungkinan cuaca yang cerah, dan kemungkinan kecil cuaca berawan.

Setelah meluncur ke orbit, Perseverance akan menempuh perjalanan selama tujuh bulan dengan jarak 469 juta km menuju Mars dan akan berujung pada proses pendaratan yang disebut NASA "tujuh menit penuh teror".

Fase ini bikin deg-degan karena begitu perintah untuk proses pendaratan diaktifkan, Perseverance harus melakukan proses ini sendiri tanpa bantuan dari Bumi.

Jika proses pendaratan bisa berlangsung dengan mulus, Perseverance akan menghabiskan satu tahun waktu Mars menjelajahi permukaan Kawah Jezero yang sempat dihuni danay dan delta sungai miliaran tahun yang lalu. NASA mengatakan kawah ini merupakan salah satu tempat yang paling bisa dihuni di zaman purba Mars.

Rover canggih ini telah dilengkapi dengan banyak kamera dan instrumen untuk melakukan sejumlah eksperimen sains, termasuk mencari bukti kehidupan purba di Mars. Perseverance juga membawa 43 tabung sampel yang akan diisi dengan material dari Mars dan akan dibawa ke Bumi oleh misi lainnya.

Jadi misi Mars 2020 hanya fase pertama dari misi yang bertujuan untuk mengirimkan sampel Mars ke Bumi. Pada awal tahun 2031, sampel ini akan dijemput oleh misi gabungan NASA dan European Space Agency untuk dibawa ke Bumi dan diteliti oleh ilmuwan.

Walau perkiraan cuaca yang baik mendukung situasi peluncuran, masih ada ancaman kesalahan teknis yang mengintai. Jika peluncuran hari ini gagal, NASA masih memiliki waktu hingga 15 Agustus untuk percobaan kedua.

Jika tenggat waktu itu tetap tidak bisa diikuti, Perseverance harus kembali dikandangkan hingga tahun 2022. Pasalnya misi menuju Mars hanya bisa dilakukan jika posisinya dengan Bumi sejajar dan ini hanya terjadi tiap 26 bulan sekali.



Simak Video "Penampakan Mars yang Pancarkan Sinar UV"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)