Ada yang Janggal di Foto Terbaru Planet Saturnus

Ada yang Janggal di Foto Terbaru Planet Saturnus

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 26 Jul 2020 19:45 WIB
saturnus
Ada yang Janggal di Foto Terbaru Planet Saturnus (Foto: NASA)
Jakarta -

Planet Saturnus menghadirkan decak kagum dalam susunan Tata Surya dengan keberadaan cincinnya yang menawan. Akan tetapi, berdasarkan hasil foto terbaru, ada yang janggal alias tak biasa dengan planet tersebut.

Teleskop luar angkasa milik NASA, Hubble, baru saja memotret Saturnus. Dari jepretan tersebut terkuak ada perbedaan yang terjadi di Saturnus yang diyakini untuk saat ini ada perubahan musim di sana.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Space, Minggu (26/7/2020) belahan bagian utara Saturnus saat ini sedikit lebih memerah dan bagian selatannya sedikit lebih biru warnanya bila dibandingkan dengan hasil foto planet sebelumnya.

Terlihat belahan bagian utara Saturnus saat ini sedikit lebih memerah dan bagian selatannya sedikit lebih biru warnanya bila dibandingkan dengan hasil foto planet sebelumnya.Terlihat belahan bagian utara Saturnus saat ini sedikit lebih memerah dan bagian selatannya sedikit lebih biru warnanya bila dibandingkan dengan hasil foto planet sebelumnya. Foto: NASA

"Sungguh menakjubkan bahwa selama beberapa tahun, kita melihat perubahan musiman pada Saturnus," ujar Pemimpin Peneliti Amy Simon, yang juga seorang ilmuwan planet di Goddard Space Flight Center di Maryland, Amerika Serikat.

Diketahui, Hubble menangkap data visual pada 4 Juli atau ketika Saturnus berada dalam jarak 839 juta mil atau setara 1,35 miliar kilometer dari Bumi.

Menurut NASA, belahan utara Saturnus yang memerah itu kemungkinan berasal dari kondisi musim panas yang terjadi di planet tersebut. Peningkatan sinar Matahari bisa memanaskan wilayah itu dari sebelumnya yang berdampak pada komposisi atmosfer lokal atau menciptakan kabut.

Dalam pemotretan Hubble juga dilakukan pada dua satelit alami Saturnus, Mimas dan Enceladus. Untuk Mimas, terlihat ada satu kawah besar yang menutupi besar permukaannya, sedangkan di Enceladus di bagian bawahnya terdapat semacam es yang ilmuwan untuk memahami kehidupan awal Tata Surya.



Simak Video "Bocah Magang di NASA Temukan Planet Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)