Studi: Mars Dulu Pernah Punya Cincin Serupa Saturnus

Studi: Mars Dulu Pernah Punya Cincin Serupa Saturnus

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 07 Jun 2020 18:42 WIB
Planet Mars
Foto: NASA
Jakarta -

Rupanya planet bercincin yang ada di Tata Surya tak hanya Saturnus, Mars juga pernah memiliki cincin.

Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan SETI Institute di Mountain View, California, AS, menemukan fakta menarik bahwa Mars dikelilingi cincin, yang mana itu diketahui setelah mengamati orbit dua Bulan miliknya, yaitu Phobos dan Deimos.

Satelit alami Mars itu memiliki orbit yang berbeda satu sama lain. Apabila Deimos mengorbit lebih jauh dan cenderung miring dua derajat dari bidang ekuator Mars, sedangkan Phobos lebih dekat dari Mars orbitannya yang mengikuti garis khatulistiwa di Planet Merah.

Orbit miring inilah diyakini peneliti dan menambah bukti terhadap gagasan bahwa Phobos pernah jadi cincin raksasa, yang mana kini menyatu menjadi bentuk seperti sekarang kita lihat.

Pada 2017, tim peneliti bahwa bulan-bulan Mars melalui siklusnya terkikis menjadi tipis cincin, karena gravitasi planet ini kemudian membentuk bulan lagi.

Di setiap siklusnya, bulan yang terbentuk dari cincin itu lebih kecil ukurannya dari sebelumnya, yang mana potongan-potongan cincin jatuh dari orbit dan melayang ke luar angkasa.

Para ilmuwan SETI Institute mengungkapkan dari hasil penelitian kalau bulan Mars dahulu kala punya ukuran 20 kali lebih besar dari Phobos. Phobos sendiri memiliki diameter 27 kilometer.

Dengan siklus bulan menjadi cincin ini memberikan pencerahan bagi peneliti kalau Deimos dulunya merupakan cincin yang terbentuk miliaran tahun lalu.

Studi terkait bahwa Mars pernah memiliki cincin seperti Saturnus ini, peneliti menerbitkannya di jurnal Nature Geoscience.



Simak Video "Permintaan Maaf TikTokers Haga Mars Usai Konten Rape Jokes Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/rns)