Terpopuler Sepekan: Geger Zodiak Berubah dan Kaum Anti Vaksin - Halaman 2

Terpopuler Sepekan: Geger Zodiak Berubah dan Kaum Anti Vaksin

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Sabtu, 25 Jul 2020 11:44 WIB
zodiak
Geger Zodiak Berubah dan Kaum Anti Vaksin (Foto: NASA)

2. Umur alam semesta terungkap

Kejutan lain dari dunia antariksa minggu ini adalah, akhirnya para astronom bisa menghitung umur alam semesta dengan lebih akurat. Caranya dengan melihat foto sisa-sisa kosmik.

Para ilmuwan dari 41 lembaga di 7 negara melakukan pengamatan Teleskop Kosmologi Atacama (Atacama Cosmology Telescope/ACT) di Chili. Hasil risetnya dipublikasikan dalam Jurnal Cosmology and Nongalactic Astrophysics.

Mereka mengonfirmasi bahwa alam semesta berasal dari 13,8 miliar tahun lalu. Hal ini berdasarkan serpihan-serpihan cahaya yang tersisa dari peristiwa Big Bang. Ilmuwan mengukur cahaya tertua yang dipancarkan oleh kosmos untuk mendapatkan citra terbaik dari foto 'bayi' semesta.

"Kami memugar kembali 'foto bayi' alam semesta ke kondisi aslinya, menghilangkan keausan waktu dan ruang yang mendistorsi gambar," kata salah Profesor Neelima Sehgal, dari Physics and Astronomy Department, Stony Brook University seperti dikutip dari Inverse.

3. Ikan bertangan super langka akhirnya punah

Kabar sedih dari dunia hewan. Ikan bertangan super langka akhirnya dinyatakan punah.

Lembaga International Union for Conservation of Nature (IUCN) mengumumkan kalau ikan smooth handfish atau nama ilmiahnya Sympterichthys unipennis, sudah punah dari dunia modern.

Ikan ini tadinya ada di Tasmania, Australia dan didokumentasikan tahun 1802. Ilmuwan selama ini mencoba mencarinya dengan intensif di lautan Australia, namun sudah tidak tampak lagi selama 200 tahun.

Dengan punahnya Sympterichthys unipennis, maka tinggal 13 spesies ikan bertangan lain yang masih hidup. Semuanya sekarang kategorinya sangat langka. Bahkan spesies handfish merah (Thymichthys politus), dilaporkan hanya tinggal 20 sampai 40 ekor di 2018.