Perusahaan China Yakin Vaksin Corona Tersedia Tahun Ini

Perusahaan China Yakin Vaksin Corona Tersedia Tahun Ini

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 24 Jul 2020 19:37 WIB
Wabah virus corona telah ditetapkan oleh WHO sebagai darurat global. Para ilmuwan di berbagai negara di dunia berlomba-lomba mengembangkan vaksin dari virus itu
Ilustrasi pembuatan vaksin Corona. Foto: AP Photo
Beijing -

Vaksin Corona yang diharapkan dapat mengendalikan pandemi kemungkinan baru akan tersedia tahun depan. Akan tetapi ada beberapa pembuat calon vaksin Corona yang percaya diri produknya bakal ada lebih cepat, salah satunya Sinopharm.

Liu Jingzhen selaku chairman Sinopharm, baru saja menyatakan pada stasiun televisi CCTV, bahwa perusahaannya akan melakukan fase 3 trial klinis vaksin besutannya pada akhir bulan Juni. Kemudian produknya diharapkan sudah memasuki pasar pada akhir tahun 2019 ini.

"Trial fase ketiga seharusnya selesai dalam waktu sekitar 3 bulan. Pada saat itu, vaksinnya ada pada tahap final persetujuan," katanya, seperti dikutip detikINET dari South China Morning Post.

Kandidat vaksin itu dikembangkan bersama dengan Beijing Institute of Biological Products dan Wuhan Institute of Biological Products. Liu menyebut kedua institusi telah membangun fasilitas untuk memastikan produksi vaksin Corona dalam skala besar.

Trial fase satu dan dua pada manusia disebutnya sukses. "Efeknya ideal dan tidak ada satupun orang mengalami efek samping yang berat," klaim dia.

Kandidat vaksin Corona asal China memang melaju cepat. Perusahaan Sinovac Biotech telah memulai uji coba fase III di luar negeri termasuk di Indonesia. Perusahaan China lain, CanSino Biologics, sedang menjajaki kemungkinan melangsungkan trial di mancanegara.

Calon vaksin Corona lain yang menjanjikan, yaitu buatan Oxford University dan AstraZeneca dari Inggris juga telah memasuki fase III. Uji coba mereka mulai di Brasil dan Afrika Selatan.

WHO telah mengeluarkan daftar bahwa 24 kandidat vaksin Corona dari berbagai belahan dunia telah memasuki fase evaluasi klinis. Tentu diharapkan ada di antara vaksin tersebut yang nantinya benar-benar manjur dan aman untuk mengatasi pandemi Corona.



Simak Video "Penjelasan Satgas Soal Isu 'Chip' hingga Rahasia Data Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)