Bill Gates Prediksi Jumlah Dosis Vaksin Corona

Bill Gates Prediksi Jumlah Dosis Vaksin Corona

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 24 Jul 2020 07:22 WIB
Vaksin Corona
Ilustrasi vaksin Corona. Foto: Istimewa
Seattle -

Berapa kira-kira dosis vaksin Corona yang akan diberikan kepada satu orang seandainya nanti sudah tersedia? Bill Gates yang mendanai pengembangan beberapa vaksin tersebut mengungkapkan proyeksinya berdasarkan kondisi saat ini.

Pada awalnya, ada harapan bahwa orang hanya cukup menerima satu dosis vaksin Corona. Akan tetapi berdasarkan perkembangan terkini dalam penelitian vaksin, kemungkinan perlu diberikan sampai dua dosis.

"Tidak ada di antara vaksin-vaksin itu, di titik ini, bakal bekerja dengan sebuah dosis tunggal. Itu harapan dulu saat masih fase sangat awal," ujar sang pendiri Microsoft dalam wawancara dengan televisi CBS.

"Kami berharap hanya dua dosis (diberikan), walaupun untuk orang tua, terkadang butuh lebih dari itu. Memastikan bahwa kita punya banyak orang tua dalam trial vaksin, akan memberikan kita data," paparnya.

Lebih lanjut, Gates mengakui bahwa Amerika Serikat kemungkinan akan mendapatkan jatah vaksin Corona pertama lantaran telah mendanai pabriknya. Namun ia ingin memastikan penduduk di negara lain pun bisa mendapatkan akses dengan cepat.

"Jelas bahwa Amerika Serikat, dengan mendanai pabrik di negara ini, akan memperoleh prioritas. Tapi jika kita bisa punya pabrik lain, di sinilah di mana kemurahan hati pemerintah AS dalam kesehatan global akan diperlukan, yayasan kami akan diperlukan, dan negara-negara lain," katanya.

"Kami ingin memastikan tidak ada orang-orang yang sekarat hanya karena mereka tidak bisa membeli atau tidak punya akses terhadap vaksin Corona," tambah Gates.

Belum lama ini, dia juga berpendapat vaksin Corona harus tersedia bagi negara-negara dan orang yang paling membutuhkan. Jika dibiarkan bergantung pada kekuatan pasar, maka pandemi Corona menurutnya akan berlangsung semakin lama.

"Jika kita membiarkan obat dan vaksin Corona jatuh ke penawar tertinggi, ketimbang orang dan tempat yang paling memerlukannya, kita akan mengalami pandemi mematikan ini lebih lama," katanya dalam rekaman video di event yang diselenggarakan International AIDS Society.



Simak Video "Momen saat Bill Gates Divaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)