Penampakan Gerhana Matahari Cincin dari Antariksa

Penampakan Gerhana Matahari Cincin dari Antariksa

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 24 Jun 2020 06:00 WIB
Gerhana Matahari Cincin
Gerhana Matahari Cincin dari antariksa. Foto: NASA
Jakarta -

Gerhana Matahari Cincin baru saja terjadi dan dapat disaksikan di sebagian wilayah Afrika dan Asia. Pemandangannya dari Bumi jelas keren, tak kalah pula saat disaksikan dari luar angkasa.

Ya, para astronaut yang berada di atas sana pun menyaksikan fenomena alam itu, tentu dengan sudut pandang yang berbeda. Astronaut NASA pun senang karena menyaksikannya bersamaan dengan hari Ayah yang berlangsung pada 21 Juni.

"Pemandangan super keren gerhana saat kami melintasi China pagi ini. Cara yang bagus untuk terbangun di Hari Ayah. Semoga semua ayah di dunia harinya baik," tulis astronaut NASA, Chris Cassidy, yang berada di International Space Station (ISS).

Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika Bulan melintasi antara Matahari dan Bumi. Namun posisi Bulan tidak cukup dekat sehingga tidak masuk Gerhana Matahari Total karena Matahari tidak seluruhnya tertutup.

Akan tetapi dari antariksa, Gerhana Matahari Cincin terlihat sangat mirip dengan Gerhana Matahari Total. Tampak bayangan berbentuk bulan melingkupi permukaan Bumi sehingga jadi gelap.

Cassidy melihatnya bersama 4 astronaut lain yang saat ini berada di ISS. Saat gerhana, mereka berada 400 kilometer di atas planet ini.

Seperti dikutip detikINET dari Space.com, selain astronaut, beberapa satelit juga mengabadikan pemandangan keren tersebut.



Simak Video "Sempat Trending, #GerhanaMatahariCincin Bikin Galau Netizen"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)