Wanita Ini Terbang ke Antariksa dan Menyelam ke Palung Bumi! - Halaman 2

Wanita Ini Terbang ke Antariksa dan Menyelam ke Palung Bumi!

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 12 Jun 2020 11:53 WIB
Kathy Sullivan
Kathy Sullivan. Foto: EYOS Expeditions

"Ada banyak sejarah, banyak cerita eksplorasi, dan semua pengetahuan soal bagaimana lautan bekerja secara geologi, semua ombak dan makhluk, semua itu membuat saya kagum," ceritanya.

Sullivan pun mengambil PhD geologi di Dalhouse University dan fokus melakukan riset di laut Atlantik utara. Lalu dia diterima oleh NASA setelah lulus dan menjadi astronaut.

Tak main-main, Sullivan jadi astronaut wanita pertama Amerika Serikat yang melakukan space walk kala menjalankan misi pesawat ulang alik Challenger di 1984. Dia juga ikut serta dalam misi antariksa Discovery di 1990 dan Atlantis di 1992.

Setelahnya, Sullivan bergelut di bidang kelautan, menjadi administrator lembaga National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). Ia juga menulis buku "Handprints on Hubble: An Astronaut's Story of Invention,", menceritakan pengalamannya kala menjadi astronaut.

Rob McCallum, pendiri Eyos Expeditions, terkesan dengan sepak terjang Sullivan hingga mengajaknya ikut serta melakukan misi penjelalajahan Challenger Deep. "Kami ingin wanita pertama yang mendatangi Challenger Deep adalah seseorang yang benar-benar menggunakan kesempatan ini untuk mendatangkan manfaat," sebutnya.

"Kathy punya rekam jejak luar biasa," tambahnya. Jadilah Sullivan wanita pertama di dunia yang terbang paling tinggi, menyelam paling dalam.

(fyk/fay)