Pertama Kalinya Wanita Datangi Titik Terdalam Bumi

Pertama Kalinya Wanita Datangi Titik Terdalam Bumi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 10 Jun 2020 06:33 WIB
Kathy Sullivan
Kathy Sullivan dan kapal selamnya. Foto: Daily Mail
Jakarta -

Kathy Sullivan dulu menjadi wanita Amerika Serikat pertama yang melakukan space walk di tahun 1984. Kini, mantan astronaut itu kembali jadi berita lantaran menyelam ke Challenger Deep yang sejauh ini merupakan titik terdalam di Bumi.

Menggunakan kapal selam bernama Limited Factor, Sullivan mencapai kedalaman Challenger Deep di lautan Pasifik. Challenger Deep ini dalamnya sekitar 10,8 kilometer.

"Challenger Deep - and back!,"tulis Sullivan di laman Facebooknya, setelah menyelesaikan misi tersebut.

Sullivan yang berusia 68 tahun tidak sendirian, dia bersama mantan tentara Angkatan Laut AS, Victor Vescovo. Mereka turun dari kapal ekspedisi DSSV Pressure Drop dan kembali dengan selamat.

"Sebagai hybrid oceanographer dan astronaut, ini adalah hari yang terjadi satu kali seumur hidup," kata Sullivan. Dia adalah orang kedelapan yang mengunjungi Challenger Deep dan satu-satunya wanita.

Kathy SullivanKathy Sullivan Foto: Daily Mail

Tekanan di kedalaman itu luar biasa besar, setara dengan 100 gajah berdiri di kepala orang. Pertama kali manusia yang mencapainya adalah oceanographer Swiss, Jacques Piccard dan tentara Amerika Don Walsh di tahun 1960.

Pada tahun 2012, sutradara Titanic James Cameron mendatangi tempat itu dengan kapal selam Deepsea Challenger. "Ini adalah destinasi paling eksklusif di Bumi. Lebih banyak orang ke Bulan dibanding dasar lautan," cetus Rob McCallum dari Eyos Expedition.



Simak Video "Mengulik Pelatihan Astronaut Wanita China Sebelum ke Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)