Barang-barang Aneh yang Dibawa Astronaut ke Bulan

Barang-barang Aneh yang Dibawa Astronaut ke Bulan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 08 Jun 2020 15:16 WIB
Sudah setengah abad sejak Neil Armstrong mendarat di bulan pada 20 Juli 1969. Berikut kumpulan foto dan deretan fakta menarik terkait misi Apollo 11. Yuk, simak
Barang-barang Aneh yang Dibawa Astronaut ke Bulan (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Saat astronaut NASA Bob Behnken dan Doug Hurley terbang ke International Space Station (ISS) menggunakan roket SpaceX, mereka turut membawa boneka dinosaurus lucu.

Tradisi astronaut membawa barang-barang unik saat ke luar angkasa memang sudah berlangsung sejak lama. Dari zaman misi Apollo, astronaut dibolehkan untuk membawa barang pribadi, tapi ukurannya jauh lebih kecil.

Dikutip detikINET dari The Guardian, Senin (8/6/2020) sebagian besar dari astronaut yang mendarat di Bulan saat mengikuti misi Apollo memilih membawa foto keluarga.

Uniknya, saat misi Apollo 16 di 1972, astronat Charles Duke memilih untuk meninggalkan foto keluarganya di permukaan Bulan sebagai kenang-kenangan. Padahal radiasi solar akan memudarkan foto tersebut tidak lama kemudian.

Ketika misi Apollo 11 mendarat di tahun 1969, Buzz Aldrin sebagai penganut Kristen yang taat membawa chalice, anggur dan roti. Ketika air pertama kali dituangkan di permukaan Bulan merupakan bagian dari perjamuan.

Pada misi Apollo 14 di tahun 1971, Alan Shepard meminta NASA untuk mengizinkannya membawa tongkat dan bola golf. Butuh dua kali percobaan sampai Shepard berhasil melontarkan bolanya.

Benda paling aneh yang dibawa astronaut ke Bulan adalah 'wafer' keramik kecil berukuran 2cm x 1,3 cm yang berisi enam karya seni. Benda-benda ini dibawa diam-diam dalam lunar module misi Apollo 12.

Karya seni yang dinamakan Moon Museum ini diciptakan oleh seniman Forrest Myers yang menyogok teman teknisinya untuk menyembunyikan karya tersebut di salah satu kaki lunar module.

Karya seni tersebut dibuat oleh Myers dan lima seniman lainnya, termasuk Andy Warhol. Karena lunar module tersebut ditinggal di permukaan Bulan, karya-karya tersebut juga masih berada di sana dan menjadi galeri seni pertama di Bulan.

Ketika misi Voyager 1 dan 2 meluncur ke luar angkasa pada tahun 1977, misi ini membawa objek, musik dan foto-foto yang dipilih secara khusus. Barang-barang ini yang nantinya diharapkan akan memberitahu kehidupan lain di luar sana tentang sejarah dan budaya manusia di planet Bumi.



Simak Video "18 Astronaut NASA Bersiap Jalankan Misi Artemis ke Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)