Tertunda Badai, 2 Astronaut NASA Siap Meluncur Akhir Pekan

Tertunda Badai, 2 Astronaut NASA Siap Meluncur Akhir Pekan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 29 Mei 2020 06:23 WIB
Peluncuran SpaceX dan Nasa: 10 pertanyaan kunci dalam misi historis Crew Dragon yang ditunda karena cuaca buruk
Tertunda Cuaca Buruk, 2 Astronaut NASA Siap Meluncur Akhir Pekan. Foto: BBC World
Jakarta -

Dua astronaut NASA gagal diangkut SpaceX karena gangguan cuaca pada Rabu (27/5) waktu setempat. Jadwal peluncuran pun diubah pada Sabtu (30/5) waktu setempat.

Administrator NASA Jim Bridenstine mengingformasikan bahwa peluncuran akan dilakukan pada pukul 15:22 waktu setempat dari Kennedy Space Center, Florida, AS.

Dalam cuitannya di akun Twitter miliknya, Bridenstine juga menyebutkan bahwa para pecinta astronomi dapat menyaksikan detik-detik peluncuran, di mana NASA TV akan menayangkan sejak pukul 11.00 waktu setempat.



Diberitakan sebelumnya, dua astronaut, yaitu Bob Behnken dan Doug Hurley direncanakan akan meluncur menggunakan kapsul Crew Dragon ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Sayangnya, cuaca tidak bersahabat. Alhasil peluncuran ditunda sampai akhir pekan ini dengan harapan tidak ada kendala lagi di kemudian hari.

Terlepas dari penundaan peluncuran tersebut, Bridenstine menyebutkan bahwa momen ini merupakan sejarah bagi NASA setelah menghentikan program antar-jemput astronaut sejak sedekade lalu.

'Melihat Uji Coba Roket SpaceX Milik Elon Musk', di sini:

[Gambas:Video 20detik]

Tinta emas ini juga dialamatkan kepada SpaceX, sebagai perusahaan swasta pertama yang bakal mengirimkan astronaut ke luar angkasa.

"Saya pikir tim kami bekerja bersama dengan cara yang mengesankan, membuat keputusan yang baik selama ini," pungkasnya.

(agt/rns)