Misteri Hewan Perantara yang Tularkan Corona ke Manusia

Misteri Hewan Perantara yang Tularkan Corona ke Manusia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 06 Mei 2020 03:20 WIB
Pasar Seafood Huanan di Wuhan, China
Pasar hewan di Wuhan. (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Virus Corona COVID-19 diduga kuat berasal dari kelelawar, tapi menular ke manusia melalui hewan perantara. Nah, spesies hewan tersebut sejauh ini masih misterius dan mungkin sukar ditemukan.

Dikutip detikINET dari BBC, Rabu (6/5/2020) belum pula jelas apakah binatang itu termasuk yang dijual di pasar hewan Wuhan, lokasi awal wabah Corona. Namun memang perdagangan hewan liar dinilai sebagai potensi besar sumber 'bocornya' COVID-19 ke manusia.

Pakar penyakit umumnya sepakat virus ini awalnya melompat tak terdeteksi antar spesies. "Penyakit ini muncul lebih sering belakangan sebagai hasil gangguan manusia ke habitat liar dan meningkatnya kontak serta pemanfaatan hewan liar oleh orang," cetus Profesor Andrew Cunningham dari Zoological Society of London.

Kejadian semacam itu bukan hal baru, meskipun ada yang menduga atau menuding COVID-19 dibuat atau bocor dari laboratorium virus di Wuhan. Wabah seperti Ebola, Rabies, SARS dan MERS pun berasal dari populasi kelelawar liar.

Penyebaran COVID-19 banyak disebutkan dimulai di pasar hewan liar di Wuhan. Akan tetapi sumber virus ini, yaitu binatang dengan patogen tersebut di tubuhnya, tidak ditemukan di pasar tersebut.