Suara Dentuman yang Pernah Bikin Geger di Indonesia - Halaman 2

Suara Dentuman yang Pernah Bikin Geger di Indonesia

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 11 Apr 2020 15:06 WIB
Bright lightning illuminates dark cloudy sky during a thunderstorm. Natural dangers and majestic beauty. Real cloudscape with computer generated lightning. Copy space on image side.
Ilustrasi suara misterius yang dialami Bumi. Foto: iStock

2. Suara meraung-raung di Pantura

Suara misterius meraung-raung didengar warga di wilayah Pantura, Jawa. Kemungkinan penyebab suara itu terkuak yakni dari pesawat Antonov An-12BP yang melintas.

"Itu pesawatnya terbangnya rendah, sesuai flight plan menuju ketinggian 25.000. Nah, terus saat itu dia itu masih menuju 25.000, karena dini hari jadi suaranya terdengar," kata Manager Humas AirNav Indonesia Yohanes Harry Sirait kepada detikcom, Minggu (16/12/2018).

Pesawat Antonov An-12BP memiliki 4 baling-baling sehingga mengeluarkan suara yang terbilang keras. Pesawat itu terbang dari Jakarta (CGK) menuju Melbourne, Australia. Pesawat milik maskapai Ukraine Air Alliance itu juga sudah mengantongi izin untuk terbang di wilayah Indonesia.


3. Dentuman keras di Tulungagung

Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) menyebut dentuman keras di Tulungagung, Jawa Timur terjadi akibat beragam fenomena. Namun besar kemungkinan dentuman itu akibat aktivitas seismologi.

"Itu bisa berbagai macam kemungkinan. Tapi kecenderungannya ini adalah aktivitas seismologi. Cenderungnya ke arah sana. Jadi kecil kemungkinannya aktivitas weather (cuaca) tapi besar kemungkinannya seismologi," ucap Kepala Sub Bagian Komunikasi dan Edukasi Publik LAPAN Unggul Satrio kepada detikcom, Senin (25/11/2019).

Aktivitas seismologi yang dimaksud itu bisa berbagai macam. Menurut Unggul, dentuman itu bisa terjadi karena aktivitas vulkanologi, tanah jatuh di dalam rongga bumi atau patahan yang tidak menyebabkan gempa.

(ask/afr)