'Generasi Kami Sudah Gagal Lindungi Bumi'

'Generasi Kami Sudah Gagal Lindungi Bumi'

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 24 Mar 2020 09:21 WIB
Foto Bumi Bulat
Planet Bumi. Foto: NASA
Jakarta -

Generasi tua dipandang sudah gagal dalam melindungi Planet Bumi, tapi anak muda masih bisa menyelamatkannya dari marabahaya. Demikian dikatakan oleh akademisi dan penyiar terkenal di Inggris, Sir David Attenborough.

Dalam tayangan dokumenter, penyiar usia 93 tahun yang khusus menjadi narator tayangan tentang alam ini menyatakan dunia begitu banyak berubah dibanding saat dia masih kecil. Lingkungan telah mengalami banyak kerusakan.

"Saya punya kesempatan dan menyia-nyiakannya. Mungkin generasi saya telah menyia-nyiakannya," kata dia, dikutip detikINET dari The Sun.

"Dunia dimiliki anak-anak lebih muda. Mereka sangat memperhatikan soal apa yang mereka hadapi dalam 60 sampai 70 tahun mendatang," cetusnya dengan rasa optimistis.

Pada saat dia pertama kali tampil di acara televisi tahun 1954, populasi planet ini masih 2,7 miliar dan sekarang sudah 7,8 miliar. Sedangkan populasi binatang liar begitu banyak berkurang.

David menekankan bahwa manusia harus mengurangi pengerukan sumber daya Bumi dengan dalih untuk makanan dan energi. Manusia juga tidak seharusnya banyak membuang sampah.

Di sisi lain, ia memperingatkan pula bahaya perubahan iklim. Jika tidak ditangani dengan baik, tak menutup kemungkinan manusia akan musnah karenanya.



Simak Video "Sukabumi Diguncang Gempa Berkekuatan M 2,8"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)