Rabu, 26 Feb 2020 08:07 WIB

Kisah Galileo Dihukum Karena Percaya Matahari Pusat Tata Surya

Aisyah Kamaliah, Aisyah Kamaliah - detikInet
Galileo Galilei adalah seorang ilmuan yang pintar. Meski disebut sebagai bapak astronomi modern, ia justru dihukum karena teori heliosentris yang ia percayai -- dan terbukti benar. Galileo Galilei. Foto: Wikipedia
Jakarta -

Galileo Galilei adalah salah satu legenda di jagat sains. Meski disebut sebagai bapak astronomi modern, ia justru pernah dihukum karena teori heliosentris yang ia percayai -- dan terbukti benar.

Galileo tumbuh di keluarga yang besar. Ayahnya adalah Vincenzo Galilei, yang dikenal sebagai musisi ternama dan ibunya ialah Giulia Ammannati. Pada 1574, keluarga Galileo pindah ke Florence di mana Galileo memulai pendidikan formal di Camaldolese. Di 1583, Galileo masuk ke University of Pisa untuk belajar soal pengobatan.

Karena kecerdasan dan rasa penasarannya yang tinggi, ia kemudian tertarik dengan berbagai macam ilmu pengetahuan termasuk matematika dan fisika.

Secara singkat, di masa itu, Galileo dihadapkan pada pandangan Aristoteles tentang dunia dan satu-satunya otoritas ilmiah terkemuka yang disetujui oleh Gereja Katolik Roma.

Sama seperti yang lain, awalnya Galileo mendukung pandangan ini. Tapi semua berubah ketika ia menemukan teleskop, sebagaimana ditulis Biography.

Kisah Galileo Dihukum Karena Percaya Matahari Pusat Tata Surya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3