Senin, 17 Feb 2020 10:57 WIB

Kemiripan Ilmiah Corona dan Film Contagion, Bikin Merinding

Fino Yurio Kristo - detikInet
Film Contagion. Film Contagion. Foto: Dok. Warner Bros
Jakarta -

Film Contagion dirilis pada tahun 2011. Berkenaan dengan mewabahnya virus corona, film yang dibintangi Gwyneth Paltrow ini kembali trending karena kemiripannya, mengisahkan bagaimana virus menyebar ke seluruh dunia yang berawal di Hong Kong.

Awas spoiler, Paltrow dikisahkan meninggal empat hari setelah kena virus, tapi ia kadung menyebabkan penyebaran masif ke seluruh dunia dan menyebabkan jutaan kematian. Saat ini, Contagion banyak dibicarakan di Twitter dan ada di posisi 10 besar film paling banyak disewa di iTunes.

"Kami mencoba menceritakan kisah kredibel dalam batas pemahaman ilmiah, juga menggambarkan bagaimana dunia mungkin merespons, itulah kenapa poster film ini ada tulisan, tak ada yang menyebar seperti rasa takut," kata penulis naskah Contagion, Scott Burns.

Memangnya seberapa otentik kisah di Contagion dibandingkan di dunia nyata? Berikut penjabarannya, dikutip detikINET dari NPR.

Munculnya Wabah

Di Contagion, seekor kelelawar menjatuhkan pisang yang sudah dimakannya, kemudian dikonsumsi oleh babi. Virus yang dibawa kelelawar bercampur dengan virus di babi lalu bermutasi. Seorang koki menyiapkan makanan dari daging babi itu, menyentuh mulutnya dan tanpa cuci tangan bersalaman dengan karakter Paltrow, sehingga virus itu menularinya.

Pakar menyatakan kisah seperti itu realistis. "Saya menunjukkan menit-menit terakhir film Contagion di kelas kuliah, untuk menunjukkan hubungan antara binatang, lingkungan dan manusia," kata Rebecca Katz, direktor Center for Global Health Science and Security Georgetown University.

"Saat pohon ditebang, perilaku kelelawar berubah. Mereka berinteraksi dengan babi yang dibiakkan untuk konsumsi dan manusia kemudian berinteraksi dengan babi terinfeksi sebagai bagian dari persiapan makanan. Ini salah satu contoh bagaimana binatang bisa lompat ke manusia," paparnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3