Rabu, 12 Feb 2020 12:26 WIB

SpaceX Siap Luncurkan Astronaut pada Mei 2020?

Virgina Maulita Putri - detikInet
spacex ledakkan roket falcon 9 SpaceX Siap Luncurkan Astronot pada Mei 2020? (Foto: AP)
Jakarta -

Mimpi SpaceX untuk menerbangkan astronaut menggunakan kapsul Crew Dragon sudah semakin dekat. Apalagi setelah mereka berhasil menyelesaikan uji coba sistem emergency milik kapsul Crew Dragon pada Januari lalu.

Setelah uji coba tersebut, pendiri dan CEO SpaceX Elon Musk memperkirakan perusahaannya akan melakukan penerbangan berawak pertamanya antara bulan April dan Juni. Kini jadwal peluncuran tersebut sudah terungkap.

Dilansir detikINET dari TechCrunch, Selasa (11/2/2020) SpaceX sudah menetapkan jadwal penerbangan bersejarah itu pada 7 Mei mendatang. Hal ini pertama kali dilaporkan oleh jurnalis Eric Berger.

Dalam cuitannya, Berger mengatakan jadwal ini masih fleksibel dan bisa saja digeser ke akhir April atau akhir Mei.

"Tanggal peluncuran fleksibel dan misi bisa dipindah ke akhir April atau didorong ke akhir Mei tergantung pada sejumlah variabel yang tidak terkait dengan hardware," tulis Berger dalam cuitannya.

Karena misi ini nantinya akan membawa astronaut menuju International Space Station (ISS), NASA sebagai mitra SpaceX juga belum menetapkan durasi misi.

Misi peluncuran astronaut perdana oleh SpaceX ini disebut sebagai Demo-2. Sebelumnya mereka berhasil menyelesaikan misi tanpa awak Demo-1 pada Maret tahun lalu setelah berhasil merapatkan kapsul Crew Dragon di ISS dan membawanya kembali ke Bumi.

Misi Demo-2 nantinya akan membawa dua astronaut NASA yaitu Doug Hurley dan Bob Behnken. Hurley dan Behnken awalnya dijadwalkan akan tinggal di ISS selama dua minggu, tapi Administrator NASA, Jim Bridenstine mempertimbangkan untuk memperpanjang durasi tersebut untuk mengikuti rotasi kru di ISS.

SpaceX Siap Luncurkan Astronaut pada Mei 2020?


Simak Video "Christina Koch, Astronaut yang Kembali Setelah 328 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)