Proyeksi Ilmuwan: Indonesia Bisa Kena Sebaran Virus Corona

ADVERTISEMENT

Proyeksi Ilmuwan: Indonesia Bisa Kena Sebaran Virus Corona

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 27 Jan 2020 13:54 WIB
Ilmuwan Bikin Proyeksi Sebaran Virus Corona, Indonesia Bisa Kena (Foto: CSSE John Hopkin University)
Jakarta -

4 Ilmuwan dari Amerika dan Australia membuat proyeksi sebaran virus corona. Indonesia berpotensi kena.

Inilah hasil penelitian Lauren Gardner dan Ensheng Dong dari Center for System Science and Engineering (CSSE), John Hopkins University, Amerika Serikat. Mereka berkolaborasi dengan Aleksa Zlojutro dan David Rey dari Research Centre for Integrated Transport Innovation (rCITI) UNSW Sydney, Australia.

Dilihat detikINET dari publikasi resmi di John Hopkins University, tim ilmuwan ini menciptakan model simulasi epidemik virus corona Wuhan (2019-nCoV). Mereka memakai parameter Susceptible-Exposed-Infected-Recovered (SEIR) yang dihitung dalam 10 hari (5 hari inkubasi + 5 hari pemulihan).


Data ini lalu dikaitkan dengan populasi manusia yang melakukan traveling berdasarkan data volume penumpang bulanan yang dikeluarkan oleh IATA. Border control atau pengendalian imigrasi di bandara juga penting untuk parameter tindakan pencegahan.

Permodelan ini lalu diuji coba 250 kali dan diambil rata-ratanya. Hasilnya mereka implementasikan untuk kasus virus corona di China dan di dunia.

Ilmuwan Bikin Proyeksi Sebaran Virus Corona, Indonesia Bisa KenaFoto: (CSSE John Hopkins University)

Simulasi ternyata menunjukkan jumlah kasus yang lebih tinggi di China daripada yang aktual dilaporkan. Saat ini sudah ada 2.118 kasus, angka ini masih lebih rendah dari permodelan yang dibuat ilmuwan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT