Jumat, 24 Jan 2020 22:35 WIB

Mitos-mitos Luar Angkasa yang Dipercaya Karena Nonton Film

Rachmatunnisa - detikInet
Salah satu film fiksi ilmiah luar angkasa, Star Wars The Rise of Skywalker. Foto: IMDB
Jakarta -

Tak terhitung banyaknya film tentang luar angkasa. Sebagian film tentang luar angkasa sangat membekas bahkan mempengaruhi pikiran kita. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah mitos-mitos luar angkasa yang dipercaya karena adegan film.

Mitos-mitos Luar Angkasa yang Dipercaya Karena Nonton FilmFoto: via Brainberries

Suara di luar angkasa

Banyak film luar angkasa menampilkan ledakan, terutama dalam adegan pertarungan. Dalam scene seperti ini, diperdengarkan efek suara besar untuk mendapatkan efek maksimum. Faktanya, berdasarkan ilmu sains, luar angkasa itu hening sehingga suara seperti yang kalian dengar di film sama sekali tidak benar.

Untuk kalian ketahui, suara tidak dapat berjalan di luar angkasa karena kurangnya udara dan molekul bergetar. Jika secara teori suara bisa ada di luar angkasa, maka kita bisa mendengar suara alam semesta secara terus menerus. Matahari saja akan bisa membuat suara ledakan termonuklir masif yang konstan.

Jadi, suara seperti yang ditampilkan di film hanya untuk membuat efek tontonan terasa lebih dahsyat. Sejauh ini mungkin baru film seperti Stanley Kubricks 2001 yang sudah benar menampilkan kondisi luar angkasa tanpa suara.

Mitos-mitos Luar Angkasa yang Dipercaya Karena Nonton FilmFoto: via Brainberries

Sinar laser bisa kelihatan

Film fiksi ilmiah sering menampilkan penampakan sinar laser, biasanya dalam bentuk senjata. Bahkan di film yang bukan bercerita tentang luar angkasa sekalipun, di Bumi kerap diceritakan adegan tembak-tembakan menggunakan senjata laser.

Ternyata, tidak ada satu orang pun yang tahu seperti apa sinar laser sesungguhnya. Dikutip detikINET dari Brainberries, sinar laser faktanya adalah semburan energi terkonsentrasi yang pada kenyataannya benar-benar tidak akan terlihat di ruang angkasa karena tidak ada partikel di sekitarnya untuk menyebarkan cahaya.

Mitos-mitos Luar Angkasa yang Dipercaya Karena Nonton FilmFoto: via Brainberries

Lubang hitam akan menyedot apa saja

Di banyak film, lubang hitam digambarkan menyedot dan memakan apa saja. Semua benda yang sudah tersedot ke dalam lubang hitam akan terperangkap di sana selamanya. Jadi, tak heran kalau kebanyakan dari kita menganggap lubang hitam sebagai pusaran malapetaka.

Tapi, kalau membaca deskripsi dasar mengenai lubang hitam, kalian akan tahu bahwa tarikan lubang hitam hanya akan sebanding dengan massa mereka. Pada kenyataannya, lubang hitam bisa menarik benda-benda yang massa-nya melebihi ukuran mereka. Memang benar bahwa lubang hitam akan memakan apa saja yang dekat dengan event horizon. Namun itu hanya akan berefek kecil pada apa pun yang berada di luar radiusnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3