Rangkaian Fenomena Alam yang Akan Hiasi Langit di Tahun 2020

Rangkaian Fenomena Alam yang Akan Hiasi Langit di Tahun 2020

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 01 Jan 2020 06:03 WIB
Rangkaian Fenomena Alam yang Akan Hiasi Langit di Tahun 2020 Foto: Internet/nasa.gov
Jakarta - Ingin memulai hobi stargazing atau mengamati bintang di tahun 2020? Atau masih belum puas menikmati Gerhana Matahari Cincin yang berlangsung beberapa hari yang lalu?

Jangan khawatir, karena tahun 2020 akan menawarkan banyak fenomena langit yang tidak kalah keren. Mulai dari gerhana, hujan meteor, hingga supermoon akan menghiasi langit sepanjang tahun 2020.



Berikut rangkaian fenomena alam langit yang akan terjadi di tahun 2020 seperti dirangkum detikINET dari Forbes, Rabu (1/1/2020):

1. Gerhana Matahari Cincin

Hanya beberapa bulan setelah Gerhana Matahari Cincin pada 26 Desember 2019, Bumi akan kembali menyambut fenomena langka ini pada 21 Juni 2020 mendatang.

Jalur utama dari gerhana ini akan melewati negara-negara Afrika dan Asia Selatan seperti Republik Afrika Tengah, Kongo, Ethiopia, India, Pakistan, Oman dan China. Gerhana matahari sebagian akan terlihat di wilayah yang berjarak ribuan kilometer dari jalur utama.

2. Gerhana Matahari Total

Salah satu fenomena alam paling mengagumkan, gerhana matahari total, akan menghiasi langit pada 14 Desember 2020. Fenomena ini terjadi ketika Bumi, Bulan dan Matahari berada di posisi sejajar dan Bulan berhasil menutupi seluruh bagian Matahari.

Sayangnya, gerhana Matahari ini hanya akan terlihat di beberapa negara Amerika Selatan yaitu Argentina dan Chile. Beberapa wilayah di negara ini bahkan bisa menikmati momen kegelapan selama 2 menit 9 detik.



3. Empat Gerhana Bulan

Akan ada empat gerhana bulan yang terjadi sepanjang tahun 2020. Gerhana ini terjadi ketika Matahari, Bumi dan Bulan berada dalam posisi hampir sejajar dan Bulan sembunyi di balik bayangan Bumi.

Kapan keempat gerhana bulan tersebut menyambangi Bumi? Ini jadwal dan wilayah yang bisa mengamati:

- Gerhana Bulan Serigala, 10 Januari 2020. Gerhana ini bisa diamati di Asia, Australia, Eropa dan Afrika.

- Gerhana Bulan Stroberi, 5 Juni 2020. Gerhana ini bisa diamati di Asia, Afrika dan Australia.

- Gerhana Bulan Petir, 5 Juli 2020. Gerhana ini bisa dilihat di Amerika Selatan, Amerika Utara dan Afrika.

- Gerhana Bulan Frosty, 29-30 November 2020. Gerhana ini bisa dilihat di Amerika Selatan, Amerika Utara, Asia Timur dan Australia.