Kamis, 19 Des 2019 20:20 WIB

Catat! Waktu dan Lokasi Gerhana Matahari Cincin di Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Halaman 1 dari 2
Foto: LAPAN Foto: LAPAN
Jakarta - Gerhana Matahari Cincin bakal menyapa Indonesia pada 26 Desember mendatang. Bagi kalian yang ingin menyaksikan fenomena alam tersebut, perlu diperhatikan waktu dan lokasinya.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) telah menguraikan daftar wilayah di Indonesia yang kebagian secara langsung menyaksikan Gerhana Matahari Cincin.


Sementara itu, wilayah lainnya masih bisa menikmati detik-detik saat Bulan menutupi Matahari. Hanya saja, piringan Bulan tidak membelakangi Matahari secara sempurna layaknya sebuah cincin.

"Siak dan Singkawang merupakan lokasi terbaik untuk menyaksikan Gerhana Matahari Cincin ini. Daerah Indonesia lainnya sebenarnya juga terjadi Gerhana Matahari tapi tidak sempurna, itu juga sepanjang Matahari masih bisa dilihat atau tidak hujan," kata Kepala Bagian Humas LAPAN Jasyanto saat dihubungi detikINET, Kamis (19/12/2019).

Untuk itu, LAPAN membagikan daerah yang kebagian Gerhana Matahari Cincin dan daerah yang merasakan Gerhana Matahari Parsial.


Proses terjadinya gerhana diketahui berbeda-beda di tiap daerahnya, seperti Duri yang berada di Provinsi Riau ini termasuk yang pertama merasakan Gerhana Matahari Cincin, yakni pukul 10:14 WIB. Sedangkan, Gerhana Matahari Cincin akan berakhir pukul 14.13 WIB.

Meski lama, ternyata proses puncak Gerhana Matahari Cincin hanya berlangsung sekitar dua menit. (agt/fay)