Selasa, 10 Des 2019 06:01 WIB

Rusa di Amerika Jadi 'Zombie', Bisa Menular ke Manusia

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Ilustrasi rusa di Amerika (iStock)
Atlanta - Sebuah penyakit membuat rusa-rusa di Amerika hidup seperti zombie, sebelum mati. Ada risiko penyakit ini menular ke manusia.

Chronic wasting disease (CWD) atau penyakit sapi gila, diduga menulari rusa di 26 negara bagian di Amerika. Setahun setelah kena penyakit ini, rusa akan menjadi kurus, berliur, kurang kesadaran, dan agresif. Akhirnya rusa ini mati.


Diberitakan news.com Australia seperti dilihat Selasa (9/12/2019) penyakit ini disebabkan protein yang menyerang otak dan lapisan tulang belakang. Penyakit ini menulai dari tanah, air atau makanan yang terkontaminasi.

"Bisa saja menular ke manusia sekarang dan kita tidak tahu," kata Dr Michael Osterholm dari US Centre for Disease Control (CDC)

Bedanya CWD dengan sapi gila, penyakit ini menyerang otot hewan juga. Sehingga risiko tertular ke manusia cukup tinggi karena, otot adalah daging hewan yang dikonsumsi.


"Memasak makanan tidak menghancurkan penyakit ini," kata Osterholm.

Rusa menjadi hewan buruan di Amerika Utara. Para pemburu kini dilarang menembak atau memakan daging rusa yang tampak sakit atau bertingkah aneh.

Simak Video "Empuk Lembut Sate dan Gulai Daging Rusa"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)