Negara Pertama Luar Angkasa Asgardia Minta Bantuan Elon Musk

Negara Pertama Luar Angkasa Asgardia Minta Bantuan Elon Musk

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 08 Des 2019 10:26 WIB
Ilustrasi Asgardia. Foto: Istimewa
Jakarta - Asgardia, sebuah organisasi non pemerintahan, ingin menjadi negara pertama yang didirikan di luar angkasa. Namun untuk itu, tentu saja mereka perlu bantuan orang lain.

Lembit Opik, selaku Chairman Asgardia, dalam sebuah wawancara yang dikutip dari Business Insider, menyebutkan bahwa pihaknya saat ini sedang berupaya meminta bantuan kepada Elon Musk dan Jeff Bezos, dua miliuner yang dikenal dengan perusahaan teknologi luar angkasa SpaceX dan Blue Origin.

"Tujuan didirikannya Asgardia adalah mengangkut ribuan orang ke stasiun luar angkasa yang sangat besar di 2043, di luar yurisdiksi Bumi, untuk membangun masyarakat demokratis yang baru," ujar Opik.



Karenanya, proyek ambisius ini ingin mengajak Elon Musk dan Jeff Bezos untuk membantu calon Asgardian, sebutan untuk warga Asgardia, pindah dari Bumi ke luar angkasa.

"Kandidat paling jelas tentu saja SpaceX dan Blue Origin. Mereka yang terbaik dalam teknologi peluncuran ke luar angkasa. Roket mereka ibarat taksi yang akan mengangkut kami ke tempat yang kami tuju," sebut Opik.

Apakah mimpi negara Asgardia ini akan menjadi kenyataan? Meski Asgardia saat ini baru tercatat sebagai organisasi non profit di Wina, Austria, Opik melihat adanya peluang bisnis.

Hal ini sudah dimulai kecil-kecilan dengan toko online yang menjual berbagai souvenir Asgardia. Opik bersikeras bahwa ini hanya permulaan. Dia berupaya meyakinkan publik akan ada lebih banyak kesempatan untuk ekonomi kapitalis yang berfungsi sepenuhnya.

"Pertama, akan ada bisnis yang beroperasi di dalam Asgardia sendiri. Dan kami sudah punya daftar kandidat untuk itu, mengenai siapa yang akan menyediakan layanan dan logistik untuk kami. Misalnya saja dari benda kecil seperti pulpen yang dirancang untuk digunakan di luar angkasa, hingga asuransi khusus untuk penghuni antariksa, bisa apa saja," ujarnya.

Opik tampaknya optimistis meskipun mendapatkan banyak tentangan. Dia mengatakan proyek ini sudah merenggut lebih dari separuh kehidupannya. Setelah Asgardia berhasil berdiri nantinya, dia menegaskan bahwa Asgardia akan mengambil sikap netral pada semua masalah Bumi.



"Kami tidak akan ikut campur dalam masalah-masalah di Bumi. Dan kami berharap mereka juga tidak akan ikut campur dalam masalah kami. Kami menginginkan apa yang diinginkan oleh negara berdaulat, sebuah pengauan," tuntutnya.

Apakah Elon Musk dan Jeff Bezos akan bersedia membantu pendirian negara Asgardia? Sejauh ini, keduanya tidak bersedia memberikan komentar terkait pernyataan Opik.

Negara Pertama Luar Angkasa Asgardia Minta Bantuan Elon Musk


Simak Video "Elon Musk 'Cuti' dari Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)