Senin, 14 Okt 2019 06:06 WIB

Bagaimana Astronaut Arab Menunaikan Salat di Luar Angkasa?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Instagram Foto: Instagram
FOKUS BERITA Perdebatan Bumi Datar
Jakarta - Sebagai seorang muslim,Hazza Al Mansouri punya kewajiban untuk menunaikan ibadah salat lima waktu. Hazza merupakan astronot Arab yang baru-baru ini kembali ke Bumi setelah bertugas di luar angkasa.

"Sebagai seorang pilot profesional, saya terbiasa berdoa sambil terbang dengan kecepatan tinggi," ucapastronaut asal Uni Emirat Arab ini dikutip dari Gulnews, Senin (14/10/2019).

Lantas, bagaimana ia mengerjakan saat bertugas jadi astronot di luar angkasa?



Saat berada di luar angkasa, tepatnya di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Hazza akan mengorbit Bumi setiap 90 menit. Itu artinya, dia akan menyaksikan 16 kali Matahari terbenam dan Matahari terbit setiap harinya.

Terkait hal tersebut, Dubai Islamic Affairs telah memiliki solusi terkait dilema yang dirasakan Hazza. Tentunya solusi tersebut disampaikan sebelum Hazza mengangkasa.

Mereka merekomendasikan Hazza untuk menyesuaikan waktu salat di Mekkah, Arab Saudi. Hal itu dikarenakan Mekkah sebagai kiblat umat Muslim saat beribadah. Saat akan menunaikan salat, ia dianjurkan untuk menghadap ke Bumi.



Selain itu, Dubai Islamic Affairs menganjurkan Hazza untuk mengikuti panduan ibadah yang ada di dalam booklet. Meski di luar angkasa, Hazza tidak terlepas menjalankan ibadah salat maupun puasa, sebab itu merupakan kewajibannya sebagai seorang Muslim.

Dalam sebuah wawancara dengan Dubai TV yang menanyakan, "Apa yang Hazza ucapkan sebelum meluncur ke luar angkasa?". Ia mengatakan bahwa dirinya mempercayakan segalanya kepada Tuhan.

"Kami berserah diri kepada Allah Yang Maha Kuasa"," ucapnya.



Simak Video "Unboxing Asus ROG Phone 2"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)
Foto: Instagram
Foto: Instagram
FOKUS BERITA Perdebatan Bumi Datar