Sabtu, 12 Okt 2019 14:02 WIB

Ragam Teori Dinosaurus Musnah, dari Alien Sampai Kentut

Tim - detikInet
1 Ragam Teori Dinosaurus Musnah, dari Alien Sampai Kentut
Halaman 2 dari 2
Foto: ABC Australia
FOKUS BERITA Kiamat Dinosaurus

- Ahli entomologi Stanley Flanders, dalam tulisannya pada 1962, beranggapan bahwa kemunculan perdana larva dari kupu-kupu dan ngengat dapat merusak vegetasi secara cepat sehingga membuat lahan menjadi gundul. Hal tersebut membuat kematian dinosaurus herbivora, dan diikuti oleh para karnivor yang menjadi kanibal. Meski begitu, belum ada bukti sahih terhadap teori tersebut

- Ahli optamologi, L. R. Croft, pada 1982 menyebutkan bahwa penglihatan yang buruk menjadi penyebab kepunahan dinosaurus. Hal tersebut disebabkan panas berlebih di Bumi sehingga mengantarkan spesies tersebut pada penyakit katarak. Ide Croft tersebut gagal menjelaskan secara menyeluruh mengenai kepunahan dinosaurus.

- Pada 1971, fisikawan Wallace Tucker dan paleontolog Dale Russell beranggapan bahwa supernova yang membawa paparan radiasi dalam jumlah besar ke Bumi menjadi penyebab punahnya dinosaurus, namun tidak ada bukti yang jelas untuk membuktikan kebenaran teori keduanya tersebut.

- Di museum prasejarah yang dimiliki oleh Utah State University, alien disebut-sebut sebagai penyebab musnahnya dinosaurus, namun tidak secara keseluruhan dikarenakan tidak ada jejak alien di fosil dinosaurus manapun. Hal tersebut secara tidak langsung juga membuktikan tidak tepatnya teori tersebut karena nihilnya bukti.

- Sejumlah paleontolog berpendapat bahwa dinosaurus terlalu banyak kentut sehingga mencemari udara di Bumi. Meski gas metan yang dibuang dinosaurus secara masif diklaim bisa mengubah iklim, namun hal ini tidak cukup kuat sebagai penyebab kepunahan.

(fyk/fyk)
FOKUS BERITA Kiamat Dinosaurus