Sabtu, 12 Okt 2019 09:06 WIB

Detik-detik Menyeramkan Dinosaurus Punah Dihantam Asteroid (II)

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halaman 1 dari 3
Foto: BBC Magazine Foto: BBC Magazine
FOKUS BERITA Kiamat Dinosaurus
Jakarta - Dampak asteroid telah mencapai Eropa Barat, di mana Bumi bergetar dan muncul kebakaran hutan. Sauropods, hewan darat terbesar yang pernah ada, berjuang untuk mempertahankan hidupnya. Di sekeliling, tanaman-tanaman terbakar habis.

Di teluk Meksiko, terjadi tsunami super berulangkali. 6 jam setelah hujaman, semua hutan di sub benua Hindia yang berjarak 14 ribu kilometer terbakar. Di gurun selatan Mongolia, tidak muncul api namun temperatur terus naik yang membuat hewan terpanggang hidup-hidup.

10 jam pun berlalu. Di Amerika Utara, suhu mulai turun meskipun udara masih begitu tebal dengan asap dari kebakaran hutan. Sejumlah triceraptor mati atau sekarat, telur-telur mereka terabaikan dan membusuk.


1 sampai 7 Hari Setelah Tabrakan

Matahari masih belum menampakkan diri, jelaga dan debu terus menghalangi cahayanya. Ini adalah hari pertama di mana ahli paleontologi menyebutnya sebagai permulaan zaman Cenozoic.

Debu dari kawah masih bertebaran sampai di angkasa. Dalam beberapa minggu, sebagian dari debu tersebut akan mengorbit di Matahari, kemudian ke Mars dan di satelit Saturnus dan Jupiter.

7 hari atau seminggu kemudian, langit masih juga gelap. Sebagai akibatnya, proses fotosintesis tertunda sangat lama dan tanaman pun sekarat. Beberapa dinosaurus herbivora yang selamat seperti sauropods dan hadrosaurus jadi kelaparan.

(ke halaman selanjutnya) (fyk/fyk)
FOKUS BERITA Kiamat Dinosaurus