Kamis, 19 Sep 2019 09:01 WIB

Daerah Indonesia yang Menikmati Gerhana Matahari Cincin

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Hasan Al Habshy Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - Gerhana matahari cincin akan menyapa masyarakat Indonesia pada 26 Desember 2019. Tidak semua wilayah Tanah Air dapat merasakan langsung kejadian tersebut. Lalu, di mana saja?

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan, pada dasarnya gerhana matahari cincin ini bisa dilihat seluruh wilayah Indonesia, tetapi hanya berbentuk cincin.

Sedangkan, daerah yang bisa melihat persis bagaimana Bulan menutupi Matahari secara tidak sempurna hingga memunculkan cincin ini itu terjadi di sebagian tempat.



"(Gerhana matahari cincin) cuma bisa dilihat di Padang Sidempuan, Sibolga, Kabupaten Siak, dan Kepulauan Riau, serta sebagian Kalimantan Barat bagian utara, yakni Kabupaten Singkawang," ujar Plh Kepala Biro Kerjasama, Humas, dan Umum LAPAN Jasyanto, Rabu (18/9/2019).

Kesempatan ini, dikatakan LAPAN, bisa jadi ajang wisata astronomi sekaligus edukasi kepada masyarakat terkait fenomena alam, terutama bagi para pelajar, baik dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi.

Sejumlah agenda sosialisasi dan edukasi gerhana matahari cincin telah disusun oleh LAPAN, khususnya di wilayah yang dapat mengamati proses fenomena alam yang jarang terjadi tersebut.



Gerhana matahari cincin bisa terlihat apabila kita berada di posisi umbra tapi orbit Bulan jauh dari Bumi, maka akan terjadi peristiwa alam tersebut. Hal ini disebabkan Bulan tidak cukup besar untuk menutupi seluruh cahaya dari Matahari karena determinasi lintasan yang menuju apogee (jarak terjauh dari Bumi).

Sekedar informasi apogee atau sederhananya jarak terjauh antara Bumi dan Bulan itu bisa membentang hingga 406.725 kilometer.

Daerah Indonesia yang Menikmati Gerhana Matahari CincinFoto: LAPAN


Simak Video "Gerhana Matahari Total di Chili"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)