Kemungkinan Sampah Antariksa Jatuh di Indonesia Sangat Tinggi - Halaman 2

Ancaman dari Antariksa

Kemungkinan Sampah Antariksa Jatuh di Indonesia Sangat Tinggi

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 04 Sep 2019 17:25 WIB
Halaman ke 2 dari 3
Foto: (iStock)

Jika sampah antariksa jatuh ke Bumi, disebutkan Thomas setidaknya ada dua dampak yang bisa terjadi. Pertama, dilihat dari dampak tumbukannya.

"Kalau mengenai fasilitas milik penduduk ya berpotensi menimbulkan kerusakan. Tapi karena probabilitasnya kecil kita tidak perlu khawatir," ujarnya.

Berdasarkan catatan, hanya satu orang yang pernah kejatuhan sampah antariksa, yaitu seorang wanita di Amerika Serikat (AS) bernama Lottie Williams yang terkena serpihan roket Delta II. Namun serpihan roket yang menjatuhinya pun begitu kecil karena sudah habis terbakar saat melewati atmosfer Bumi, sehingga wanita tersebut tidak sampai mengalami luka.


"Kalau di Indonesia, pernah kena kandang domba di Sumenep tahun 2016. Itu pun tidak sampai mengenai dombanya. Artinya sejauh ini belum ada (laporan yang membahayakan)," terang profesor riset astronomi kelahiran Purwokerto ini.

Dampak kedua yang juga dikhawatirkan adalah bahan yang terkandung pada sisa satelit tersebut, terutama jika mengandung bahan nuklir. Dampak ini dicontohkan Thomas pernah terjadi di Kanada.

"Itu pernah terjadi sampah antariksa milik Rusia jatuh di Kanada. Waktu itu Kanada menuntut ganti rugi. Sebagian besar (sampah antariksa) memang akan habis di atmosfer. Tapi karena kekhawatiran pencemaran bahan nuklir itu yang harus diwaspadai dan menyebabkan Kanada menuntut Rusia," jelas pria berkacamata ini.

Sampah Antariksa Kian Padat, Kemungkinan Jatuh di Indonesia Cukup Tinggi Ilustrasi wilayah Indonesia. Foto: Istimewa


(Halaman selanjutnya: Sampah Antariksa di Indonesia)

(rns/krs) (rns/krs)