Selasa, 27 Agu 2019 14:07 WIB

Kapsul Antariksa Rusia Terbang Sendiri Ditumpangi Robot

Fino Yurio Kristo - detikInet
International Space Station (ISS). Foto: (AFP/Getty Images) International Space Station (ISS). Foto: (AFP/Getty Images)
Jakarta - Untuk pertama kalinya dalam sejarah, kapsul antariksa Soyuz milik Rusia berhasil mencapai stasiun International Space Station (ISS) tanpa awak manusia. Ia terbang sendiri dan ditumpangi oleh robot.

Soyus MS-14 itu parkir secara otomatis di ISS dalam upaya keduanya setelah usaha pertama gagal. ISS sedang melintasi wilayah Mongolia ketika Soyuz tersebut merapat.




Dikutip detikINET dari Space.com, ini adalah tes penerbangan untuk versi Soyuz terkini dengan roket Soyuz 2.1a. Pada Maret 2020, barulah misi meluncur di angkasa dengan awak manusia akan digelar.

Meskipun tidak ada awak manusia dalam misi kali ini, bukan berarti Soyuz MS-14 kosong melompong. Roscosmos, lembaga antariksa Rusia, memberikan bawaan seberat 658 kilogram yang terdiri dari makanan dan suplai vital lain bagi para kru di ISS.

Ditumpangi Robot, Kapsul Antariksa Rusia Merapat ke ISSSkybot F-850. Foto: Roscosmos

Tapi yang paling menonjol adalah penumpang robot bernama Skybot F-850. Robot setinggi 1,8 meter ini berada di kursi Soyuz MS-14 dan bertugas merekam segala kondisi penerbangan seperti tekanan dan getaran untuk memberi gambaran jika manusia jadi awaknya.

Robot itu juga menjadi pembuka jalan karena suatu hari nanti, Roscosmos punya visi bahwa robot akan membantu eksplorasi nun jauh di sana di luar angkasa.

Aktivitas di ISS belum akan surut. Pada Kamis mendatang, SpaceX rencananya bakal meluncurkan kapsul Dragon ke ISS, juga untuk membawa perbekalan bagi awak ISS.




Simak Video "Amerika, Italia, dan Rusia Lakukan Misi di Ruang Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/krs)