Rabu, 12 Jun 2019 20:07 WIB

Kepala Serigala Raksasa Ini Sudah Berusia 40 Ribu Tahun!

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Albert Protopopov Foto: Albert Protopopov
Jakarta - Ilmuwan Rusia dan Jepang baru saja memamerkan kepala serigala raksasa dari zaman Pleistocene, yang tersimpan awet dalam lapisan es selama 40.000 tahun. Kepala ini ditemukan lengkap dengan bulu tebal dan gigi yang mengerikan.

Kepala ini pertama kali ditemukan oleh warga lokal bernama Pavel Efimov pada tahun 2018 saat ia sedang mencari gading mammoth di sekitar Sungai Tirekhtyakh di kota Yukatia, Siberia.




Kepala tersebut kemudian dibawa ke departemen studi mammoth di Academy of Sciences of the Republic of Sakha. Ilmuwan pertama kali memamerkannya awal bulan ini dalam ekshibisi mammoth di Tokyo, Jepang.

"Ini pertama kalinya kepala serigala purbakala ditemukan di mana jaringan lunaknya telah diawetkan setelah 40.000 tahun, serigala dewasa," kata kepala departemen tersebut Albert Protopopov seperti dikutip detikINET dari CNN, Rabu (12/6/2019).



Serigala tersebut berusia sekitar dua hingga empat tahun saat ia mati. Ukuran kepalanya sangat besar, panjangnya mencapai 40 cm dan otaknya terlihat masih utuh. Sebagai perbandingan kepala serigala modern panjangnya hanya sekitar 23-28 cm.




DNA dari kepala ini nantinya akan dipelajari oleh ilmuwan dari Museum of Natural History Swedia. Mereka akan mencoba membuat model digital dari interior kepala dan otaknya untuk membandingkan susunan genetik dan morfologi hewan tersebut dengan serigala modern.

"Kami akan membandingkannya dengan serigala modern untuk memahami bagaimana spesies berevolusi dan untuk merekonstruksi penampilannya," pungkas Protopopov.


(vim/krs)