Senin, 20 Mei 2019 16:06 WIB

Ilmuwan NASA: Astronot Bisa Tinggal dalam Goa di Bulan

Kris Fathoni W - detikInet
Foto: NASA/Liaison Foto: NASA/Liaison
Jakarta - Dalam misi untuk kembali mendarat di Bulan, seorang ilmuwan NASA menyebut bahwa para astronot nantinya bisa saja tinggal dalam goa-goa yang ada di sana.

Pendapat tersebut dilontarkan oleh Dr Daniel Moriarty, dalam sebuah sesi tanya jawab di Reddit. Saat itu ia membahas tentang kemungkinan tinggal di Bulan, terkait misi AS untuk kembali mendarat di Bulan tahun 2024.




Goa untuk tempat tinggal astronot itu sendiri bakal memanfaatkan saluran lava (lava tube), yang berbentuk bagaikan goa dan terowongan panjang sepeninggal dilewati aktivitas lava cair, di permukaan Bulan.

"Saya pikir kami takkan mampu banyak mengubah permukaan Bulan," tulis Dr Moriarty seperti dikutip London Evening Standard.




"Menurut saya, akan lebih masuk akal untuk memanfaatkan sejumlah struktur dan sumber daya yang sudah ada di sana. Contohnya, mungkin akan berguna untuk mendirikan sebuah markas dekat wilayah gelap permanen Bulan untuk memanfaatkan cairan permukaan."

"Alternatifnya, akan menarik untuk mendirikannya di saluran lava yang sudah ada, yang mana itu bisa melindungi para astronot dari temperatur yang variatif dan datangnya radiasi Matahari," tuturnya.


(krs/vim)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed