Senin, 22 Apr 2019 14:20 WIB

Astronot ke Mars Wajib Pakai Kacamata Renang? Bisa Jadi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Ilustrasi astronot. (Foto: iStock) Ilustrasi astronot. (Foto: iStock)
Jakarta - Kacamata renang sepertinya akan menjadi aksesoris wajib astronot yang mengikuti misi antariksa menuju planet Mars. Ini merupakan kesimpulan dari studi yang dilakukan oleh NASA.

Bukan untuk sekedar gaya, kacamata renang disebut bisa melindungi penglihatan astronot agar tetap tajam dengan meningkatkan tekanan dari cairan yang berada di dalam mata.




Sebelumnya astronot yang tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS) dalam jangka waktu lama telah merasakan perubahan pada penglihatan mereka yang berlangsung hingga bertahun-tahun.

Fenomena ini secara medis dikenal sebagai tekanan intraocular (IOP), yang bisa memicu berbagai gejala sperti munculnya titik-titik putih di retina hingga pembengkakan di saraf optik.




Tak kurang dari 75% astronot pernah mengalami perubahan ini, yang berakibat pada menurunnya ketajaman visual. Gravitasi mikro pun disebut sebagai salah satu penyebabnya.

NASA pun terdorong meneliti lebih jauh tentang fenomena tersebut. Mereka meneliti 20 pria di Johnson Space Centre di Houston, AS, di mana 10 pria menggunakan kacamata renang dan lainnya tidak.




Selama tiga hari, kelompok ini menjalani serangkaian percobaan dalam berbagai posisi seperti berbaring dan berputar ke belakang dengan kepala terlebih dahulu. Percobaan ini dilakukan sebagai simulasi efek dari aktivitas fisik yang terjadi di luar angkasa.

Peneliti dari Universities Space Research Association, Jessica Stott, mengatakan bahwa kacamata renang bisa menekan kulit di sekitar mata dengan cukup kuat dan berhasil meningkatkan tekanan intraokular.




"Temuan ini menunjukkan peningkatan tekanan intraokular dengan kacamata renang dapat digunakan untuk mengurangi sindrom neuro-okuler yang terkait dengan penerbangan luar angkasa," kata Stott seperti dikutip detikINET dari The Telegraph, Senin (22/4/2019).

"Penambahan kacamata renang dikatikan dengan sedikit peningkatan tekanan, yang dapat mengurangi beberapa efek buruk pada mata saat penerbangan luar angkasa jangka panjang," sambungnya.

Penemuan ini tentu sangat membantu NASA untuk mempersiapkan astronot dalam misi ke planet Mars. Badan antariksa AS ini telah diperintahkan oleh Presiden Donald Trump untuk mempercepat pembangunan infrastruktur luar angkasa agar bisa mengirim astronot ke Mars tahun 2033.




Tonton juga video Tangkapan Suara dari Mars yang Bikin Merinding:

[Gambas:Video 20detik]


Astronot ke Mars Wajib Pakai Kacamata Renang? Bisa Jadi
(vim/krs)