Rabu, 06 Feb 2019 11:52 WIB

Satelit China Jepret Foto Spektakuler Bulan di Depan Bumi Bulat

Agus Tri Haryanto - detikInet
Penampakan sisi terjauh Bulan. Foto: China National Space Administration Penampakan sisi terjauh Bulan. Foto: China National Space Administration
Jakarta - Satelit China menjepret foto antariksa yang menakjubkan. Yaitu berupa gambar Bulan dari sisi terjauh dengan latar belakang Bumi bulat di belakangnya.

Wujud visual tersebut diambil dari kamera satelit Longjiang-2 pada 3 Februari lalu dan menawarkan perspektif yang langka terkait Bumi dan Bulan. Satelit Longjiang-2 ini telah berada di dekat bulan sejak pertengahan tahun 2018.



Foto yang memperlihatkan Bulan secara penuh tersebut jadi pemandangan yang memukau mata. Jadi makin spektakuler karena terlihat pula wujud Bumi yang terlihat mungil di kejauhan.

Satelit China Pamer Sisi Gelap Bulan dan Bumi BulatFoto: Dwingeloo Radio Telescope


Sebagaimana dilansir dari The Verge, Rabu (6/2/2019), foto bersangkutan menandai untuk pertama kalinya Longjiang-2 menangkap visual seluruh Bulan dan Bumi dalam satu jepretan.

Satelit China Pamer Sisi Gelap Bulan dan Bumi BulatFoto: Dwingeloo Radio Telescope


Di masa depan, Longjiang-2 mungkin akan mengambil gambar-gambar lain yang menakjubkan lainnya tentang satelit alami Bumi ini.



Longjiang-2 sebenarnya memiliki satelit pedamping, yakni Longjian-1, di mana keduanya ditugasi mengorbit dan mengamati Bulan. Akan tetapi, China kehilangan kontak dengan Longjiang-1 ketika dalam perjalanan, sehingga pada akhirnya Longjiang-2 bertugas sendirian.

Longjiang-2 memasuki orbit Bulan tepatnya pada Juni 2018. Wahana antariksa tersebut diluncurkan ke luar angkasa bersama satelit Queqiao yang menjadi alat komunikasi dengan rover Chang'e 4 yang didaratkan China di sisi terjauh dari Bulan.




Tonton juga video 'Muncul Lagi Teori Baru, Bumi Berbentuk Donat':

[Gambas:Video 20detik]

(agt/agt)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed