Kamis, 24 Jan 2019 13:22 WIB

Calon Roket Terkuat Sejagat Tumbang Diterjang Angin

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Potret bagian atas Starship, roket milik SpaceX, yang jatuh setelah diterpa angin kencang. Foto: Twitter/NASASpaceflight Potret bagian atas Starship, roket milik SpaceX, yang jatuh setelah diterpa angin kencang. Foto: Twitter/NASASpaceflight
Jakarta - Belum lama ini, Elon Musk mengumumkan bahwa SpaceX, perusahaan antariksa besutannya telah rampung dalam membangun prototipe dari calon roket terkuat sejagat. Starship menjadi nama dari roket tersebut, walau itu merupakan hasil revisi mengingat sebelumnya ia bernama BFR.

Sayangnya, belum sempat melakukan uji coba peluncuran, roket tersebut sudah harus mengalami kerusakan lantaran diterpa angin kencang. Bagian atas dari roket tersebut sampai lepas dan jatuh ke tanah.


Hal tersebut diketahui dari sejumlah cuitan yang diunggah oleh netizen di Twitter. Kejadian itu pun dikonfirmasi langsung oleh Elon.










"Saya baru mendengarnya. Angin sekencang 50 mph (80 km per jam) merusak fasilitas dan fairing (bagian atas roket) terpental," tulisnya seraya membalas kicauan netizen.

Masih dalam tweet yang sama, pria berjuluk Iron Man tersebut juga mengatakan bahwa butuh waktu beberapa pekan untuk melakukan reparasi terhadap roket tersebut. Sedangkan pada cuitan lain, Elon mengatakan bahwa bagian bawah dari Starship dalam kondisi baik-baik saja.


Masih belum jelas apa pengaruh kerusakan Starship ini terhadap uji coba peluncurannya nanti. Pada Desember 2018 lalu, Elon sempat mengatakan uji coba akan dilakukan pada tahun ini.

Dalam uji coba tersebut, Starship dan Falcon Heavy, roket lain milik SpaceX, akan melakukan penerbangan 'hopper', yang pada dasarnya akan meluncurkan roket ke atas dan membawanya kembali untuk pendaratan.



Simak video saat Roket Jepang Ini Meledak Usai Lepas Landas:

[Gambas:Video 20detik]

(mon/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed