Jumat, 30 Nov 2018 11:31 WIB

Inikah Penyebab Gelombang Seismik Misterius yang Guncang Bumi?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Sejumlah bencana alam dikaitkan dengan gelombang seismik misterius yang berasal dari Mayotte, daerah dekat Madagaskar. Foto: Reuters Sejumlah bencana alam dikaitkan dengan gelombang seismik misterius yang berasal dari Mayotte, daerah dekat Madagaskar. Foto: Reuters
Jakarta - Gelombang seismik misterius yang berasal dari Mayotte, lokasinya antara Madagaskar dan Mozambik, belum lama ini bikin ilmuwan dari seluruh dunia bingung. Pasalnya, gelombang seismik itu terasa oleh sensor gempa di berbagai belahan dunia, dari Afrika, Selandia Baru, Kanada, sampai Hawaii.

Anehnya, tidak ada seorang pun yang merasakannya, walau cakupannya begitu luas. Terlebih, asal muasal gelombang tersebut juga masih misteri.




Satu teori yang digaungkan adalah erupsi gunung berapi bawah laut. Sedangkan pihak lain menghubungkannya dengan gempa Bumi kecil hingga kantung magma di bawah permukaan Planet Biru ini.

Sayang, tidak ada satu pun teori yang memiliki bukti kuat. Mari kita mulai dari yang pertama.

Para peneliti yakin bahwa terakhir kali terjadinya erupsi gunung berapi di kawasan tersebut adalah lebih dari 4.000 tahun lalu. Selain itu, tidak ada bukti juga di permukaan, seperti batu apung, yang biasa terlihat setelah erupsi gunung berapi bawah laut berlangsung.

Terlebih, seismolog asal Inggris, Jamie Gurney, mengatakan erupsi semacam itu tidak menghasilkan sinyal seperti gelombang seismik misterius itu. Ia bahkan menyebut dirinya tidak tahu ada sinyal serupa yang pernah diketahui sebelumnya.

Sedangkan Goran Ekstrom, seismolog dari Columbia University, beranggapan bahwa gelombang tersebut terjadi karena gempa Bumi ringan. Pergesekan lempeng yang menyebabkan peristiwa itu terjadi dalam kurun waktu beberapa menit hingga beberapa jam.

Biasanya, pergesekan lempeng pada gempa Bumi hanya berlangsung beberapa detik saja. Gempa Bumi ringan ini biasanya berkaitan dengan aktivitas gunung berapi, sebagaimana detikINET kutip dari Newshub, Jumat (30/11/2018).

Kemungkinan lainnya adalah runtuhnya kantung magma di bawah permukaan Bumi setelah isinya kering. Nah, teori ini ternyata jadi pegangan para peneliti asal Prancis untuk melakukan investigasi.




Sekadar informasi, Mayotte memang masih berada di bawah naungan Prancis. Itu sebabnya negeri asal Napoleon Bonaparte itu yang berperan besar dalam mengobservasi anomali tersebut.

Nantinya, mereka berencana untuk menyelam ke bawah laut untuk mengobservasi dasar laut. Tujuannya adalah untuk mencari apakah ada gunung berapi bawah laut yang belum terdeteksi atau tidak, yang mungkin bisa menjadi penyebab gelombang seismik misterius itu.


Inikah Penyebab Gelombang Seismik Misterius yang Guncang Bumi?
(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed