Jumat, 12 Okt 2018 07:29 WIB

Terpaksa Mendarat Darurat, Dua Astronot Ini Selamat

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kosmonot Rusia Alexey Ovchinin dan Astronot NASA Nick Hague. Foto: NASA/Elizabeth Weissinger Kosmonot Rusia Alexey Ovchinin dan Astronot NASA Nick Hague. Foto: NASA/Elizabeth Weissinger
Jakarta - Astronot NASA, Nick Hague dan kosmonot Rusia, Alexey Ovchinin telah mendarat di Bumi dengan selamat setelah melakukan pendaratan darurat.

Berdasarkan informasi dari NASA, Hague dan Ovchinin pun mendarat dengan selamat di Kazakhstan, kurang dari satu jam setelah peluncuran dan berada dalam kondisi yang baik. Pimpinan Roscosmos juga telah mengkonfirmasi kondisi kedua astronot tersebut.

"Para kru telah mendarat. Semua orang dalam kondisi hidup," kata General Director Roscosmos, Dmitriy Rogozin seperti dikutip detikINET dari Engadget, Jumat (12/10/2018).



Pendaratan darurat ini dilakukan setelah roket Soyuz MS-10 yang mereka tumpangi untuk menuju International Space Station (ISS) mengalami masalah teknis saat peluncuran. Masalah tersebut terkait salah satu booster roket yang tidak berfungsi saat peluncuran.

Roket Soyuz MS-10 yang membawa Hague dan Ovchinin meluncur dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan pada pagi hari ini waktu setempat. Namun kurang dari dua menit setelah peluncuran, booster roket terlihat memiliki masalah dan mereka memutuskan untuk memisahkan diri dari roket dan kembali ke Bumi.

Keduanya pun mendarat ke Bumi menggunakan kapsul dan meluncur ke Bumi melalui 'ballistic descent' di mana sudut pendaratan lebih tajam dan tekanan gravitasi yang lebih tinggi dari normal.



Sejauh ini belum diketahui apa yang menyebabkan booster tersebut tidak berfunngsi.

Hague dan Ovchinin awalnya dijadwalkan untuk tinggal di ISS selama enam bulan. Dalam perjalanan ini mereka juga membawa kargo dan 3D bio-printer yang akan digunakan ilmuwan untuk mengembangkan organ dan jaringan tisu manusia di kondisi gravitasi nol.




Tonton juga 'Persiapan Astronot China ke Luar Angkasa 2020':

[Gambas:Video 20detik]

(afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed