Rabu, 09 Okt 2019 06:15 WIB

Berkeliaran di Bulan, Ini Rahasia Hewan Terkuat di Dunia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halaman 1 dari 2
Tardigrade. Foto: Eye of Science/SPL Tardigrade. Foto: Eye of Science/SPL
Jakarta - Tardigrade disebut-sebut sebagai spesies terkuat di dunia. Apa sebenarnya rahasia hewan mikroskopis ini sehingga bisa begitu tangguh?

Belum lama ini, wahana antariksa Baressheet milik perusahaan Israel yang ditujukan untuk menjelajah Bulan hancur saat mendarat di permukaan. Nah, ada kargo tak biasa yang dibawa wahana itu, yaitu ribuan Tardigrade yang tak menutup kemungkinan bertahan hidup di sana.

Arch Mission Foundation, organisasi yang mengatur kargo Tardigrade itu, menyatakan bisa jadi mereka selamat. "Mereka mungkin satu-satunya hal yang selamat dari tabrakan itu," cetus Nova Spivack, pendiri AMF.

Dikenal juga sebagai beruang air, Tardigrade mampu melewati ujian ketahanan hidup paling ekstrem sekalipun. Salah satunya eksperimen dari para peneliti di Jepang yang membekukannya lebih dari 3 dekade. Dalam eksperimen itu, si hewan dapat bertahan hidup.

Tardigrade diketahui mampu bertahan ketika dibekukan, terkena radiasi, hingga di hampa udara. Hal itu diperkirakan karena 18% genom di dalam DNA-nya merupakan adaptasi dari berbagai organisme lain, seperti jamur, bakteri, hingga virus.

Nah, penelitian terbaru dari tim ilmuwan di University of California San Diego mengungkap bahwa cara kerja protein di Tardigrade membantu melindungi mereka menghadapi kondisi ekstrim, dalam studi yang dipublikasikan di jurnal eLife.

(ke halaman selanjutnya) (fyk/afr)