Review Fantech Leviosa MCX01: Mic Condenser Asyik Rp 500 Ribuan

ADVERTISEMENT

Review Produk

Review Fantech Leviosa MCX01: Mic Condenser Asyik Rp 500 Ribuan

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 01 Jul 2022 19:08 WIB
Fantech Leviosa MCX01
Review Microphone Condenser Fantech Leviosa MCX01 (Foto: Rachmatunnisa/detikcom)
Jakarta -

Ketika pandemi melanda, banyak orang memulai kegiatan baru, salah satunya live streaming. Tak heran, tahun 2020 jadi tahun yang ramai live streaming, dan berbagai brand berlomba memfasilitasinya dengan perangkat live streaming seperti microphone condenser. Nah, brand gaming lokal Fantech salah satunya.

Fantech merilis microphone condenser Leviosa MCX01. Namanya yang unik mungkin akan mengingatkan kita pada salah satu mantra sihir yang diucapkan Hermione di film Harry Potter.

Apakah microphone ini mengandung mantra sihir? Tentu tidak ya. Tapi jika melihat fitur, keunggulan, dan harganya yang terjangkau, bisa jadi microphone ini menyihir kalian jadi ingin memilikinya. Berikut ini pengalaman detikINET mencoba menggunakan Leviosa MCX01.

Fantech Leviosa MCX01Fantech Leviosa MCX01. Foto: Rachmatunnisa

Desain

Microphone ini dibanderol dengan harga Rp 489 ribu dalam paket pembeliannya, kita akan mendapatkan microphone, kabel usb, folding tripod, adapter, pop filter, user manual plus warrnaty card.

Leviosa MCX01 berbentuk silinder dengan balutan warna hitam doff, bagian atasnya yang menangkap suara cukup unik dengan pola hexagonal. Hal menarik lainnya dari bagian ini, microphone akan memancarkan RGB tiga warna ketika dinyalakan.

Fantech Leviosa MCX01Fantech Leviosa MCX01. Foto: Rachmatunnisa

Namun berdasarkan pengalaman detikINET menggunakannya, cahaya RGB ini cukup mengganggu penglihatan dengan kelap-kelip warnanya. Apalagi tidak ada pengaturan untuk mengurangi atau mematikan intesitas cahayanya.

Buat yang tidak nyaman, kita bisa menyiasatinya dengan selalu menggunakan pop filter. Tapi tentu saja kembali ke selera masing-masing ya. Untuk tampil live, warna-warni lampu yang menyala bergantian akan terlihat unik dan mencolok di kamera.

Lanjut ke bagian bodi microphone, desainnya terlihat simpel tanpa banyak aksen. Di bagian ini hanya ada label berwarna putih yang menunjukkan tombol atau kontrol untuk mute, echo, dan gain. Selain tiga tombol tersebut, ada juga lubang jack audio 3,5 mm untuk headset.

Fantech Leviosa MCX01Fantech Leviosa MCX01. Foto: Rachmatunnisa

Hal menarik lainnya adalah pada tripodnya yang menurut detikINET punya bentuk segitiga yang tidak biasa dibandingkan tripod microphone pada umumnya.

Dari sisi build quality, Leviosa MCX01 full berbahan metal, dan material ini kokoh serta solid. Bobot microphone terbilang cukup berat karena bahannya yang full metal. Tapi bukan masalah, karena benda ini bukan untuk dibawa-bawa secara mobile.

Terkait branding, sepertinya Fantech tidak terlalu ingin memamerkan logo mereka, karena logo Fantech-nya sendiri terletak pada bagian yang menghadap ke arah pengguna, bukan ke kamera.

Fantech Leviosa MCX01Fantech Leviosa MCX01 Foto: Rachmatunnisa

Kabelnya juga cukup tebal dan panjang (2,5m). Untuk tripodnya, tiang utama serta kaki-kakinya juga terbuat dari metal jadi sangat kokoh dan tidak rentan bergeser. Tripod ini juga dapat disesuaikan, dan mudah digunakan serta diatur, sehingga membuat siaran video lebih nyaman.

Pop filternya sendiri terbilang tebal. Untuk microphone condenser di rentang harga Rp 500 ribuan, Fantech sangat niat membuat microphone ini.

Fantech Leviosa MCX01Fantech Leviosa MCX01. Foto: Rachmatunnisa

Selanjutnya: Pengujian Audio >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT