Review Galaxy Tab A8 2022, Asyik Buat Belajar dan Hiburan Anak

ADVERTISEMENT

Review Galaxy Tab A8 2022, Asyik Buat Belajar dan Hiburan Anak

Josina - detikInet
Selasa, 22 Mar 2022 07:45 WIB
Samsung Galaxy Tab A8
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Awal tahun ini Samsung resmi merilis Galaxy Tab A8 di Indonesia dengan sejumlah peningkatan dibandingkan pendahulunya. Mulai dari segi layar, dapur pacu, dukungan Dolby Atmos pada empat speaker hingga fitur-fitur hiburan dan belajar buat anak-anak.

Dibanderol mulai dari Rp 3 jutaan, bagaimana performanya? simak review lengkapnya setelah detikINET melakukan pengujian kurang lebih selama tiga minggu.

Desain

Desain Galaxy Tab A8 2022 memiliki layar yang lebih luas dibandingkan pendahulunya, di mana perangkat ini mengusung bentang layar berukuran 10,5 inch dengan resolusi 1.920 x 1.200 pixel. Samsung menawarkan tiga varian warna seperti Gray, Silver dan Pink Gold. detiKINET pun menggunakan varian berwarna pink.

Berbalut material polycarbonate, Galaxy Tab A8 2022 memiliki dimensi 161.9 x 246.8 x 6.9mm, dengan berat 508g dan hanya ketebalan 6,9mm. Dengan bobot tersebut tablet ini masih enak untuk dibawa ke mana-mana. Akan tetapi saat dipakaikan cover book yang diberikan Samsung dalam paket penjualannya menjadi lebih berat namun masih enak dibawa.

Samsung Galaxy Tab A8Samsung Galaxy Tab A8. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Untuk tampilan depan Galaxy Tab A8 2022 memiliki rasio 16:10 dengan bezel yang dibuat lebih ramping sehingga melihat layar pun tampak luas. Lalu ada kamera depan 5MP dengan posisi yang dibilang tepat karena berada di tengah dengan posisi landscape. Dengan posisi kamera tersebut tentu sangat ideal untuk melakukan video call terlebih saat online meeting atau sekolah online karena ini adalah posisi yang ideal untuk ukuran tablet.

Beralih ke bagian belakang tampilannya begitu simpel namun elegan hanya menampilkan logo Samsung dan satu kamera beresolusi 8Mp. Untuk tombol fisiknya (jika dipakai secara portrait) tombol power dan volume +/- berada di sisi kanan lalu bagian kiri terdapat SIM Tray dengan slot 1 SIM + 1 microSD up to 1TB. Lalu untuk bagian sisi bawah terdapat dua speaker, port USB Type C 2.0 dan jack audio 3,5 mm dan sisi atas juga ada dua speaker.

Samsung Galaxy Tab A8Samsung Galaxy Tab A8. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Layar

Bentang layar pada Galaxy Tab A8 2022 memiliki peningkatan cukup banyak, pada generasi sebelumnya yakni Galaxy Tab A8 2019 layarnya hanya berukuran 8 inch sedangkan yang terbaru 10,5 inch.

Perangkat ini memiliki Panel PLS TFT, refresh rate-nya yaitu 60 Hz dan resolusinya 1920 x 1200 pixel. Meski warna layarnya tidak secerah panel AMOLED ataupun IPS kelas atas namun visual yang disuguhkan masih terbaik baik.

Selama pengujian detikINET, perangkat ini dipakai untuk nonton video, bermain game ringan seperti game anak-anak dan penggunaan sehari-hari masih nyaman dan enak dipandang. Tablet ini juga memiliki fitur split-screen dan floating windows sehingga pengguna bisa melakukan multitasking saat bekerja atau belajar

Samsung Galaxy Tab A8Samsung Galaxy Tab A8. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Saat digunakan kondisi outdoor khususnya di bawah terik matahari perangkat ini masih bisa menampilkan konten meski tingkat brightness rendah. Untuk layar sentuhnya perangkat ini sangat responsif. Sayangnya belum ada fitur fingerprint atau sidik jari pada perangkat ini dan juga tidak ada S-pen sehingga pengguna harus membelinya secara terpisah.

Untuk kebutuhan hiburan lainnya selain memiliki yang layar lebar, Galaxy Tab A8 juga menawarkan empat speaker yang telah didukung dengan fitur Dolby Atmos. Penempatanya pun berada di kedua sisi perangkat di atas dan di bawah sehingga mampu memperdengarkan audio ke segala arah secara maksimal.

Sehingga membuat pengalaman audio saat menonton film, mendengarkan lagu hingga bermain game menghasilkan suara yang sangat baik. Untuk mengaktifkan fitur Dolby Atmos, tarik Quick Panel settings cari tombol Dolby Atmos. Tap untuk mengaktifkan, sampai tombol berubah menjadi warna biru.

Selanjutnya Kamera dan Performa

Berita Terkait

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT