NBA 2K22: Belum Sempurna, Tapi Tetap Terbaik

Review Game

NBA 2K22: Belum Sempurna, Tapi Tetap Terbaik

Angga Aliya ZRF - detikInet
Minggu, 03 Okt 2021 18:30 WIB
NBA 2K22
NBA 2K22. Foto: Screenshot/detikcom-Angga Aliya
Jakarta -

Game basket paling dinanti setiap akhir tahun sudah muncul, yaitu NBA 2K22. Game besutan Visual Concepts ini jadi game basket terbaik tahun ini meski belum sempurna.

Meski demikian, perlu diakui NBA 2K22 menjadi satu-satunya game bola basket yang paling realistis yang pernah ada. Apalagi dengan adanya fitur stamina yang baru, berasa kayak main basket benaran.

detikINET menjajal game ini di PlayStation4 selama kurang lebih dua pekan. Banyak perbedaan yang terasa dibandingkan game NBA 2K21 yang dirilis tahun lalu. Berikut beberapa catatannya.

Pertama, stamina. Fitur ini menjadi bagian penting yang menjadikan game ini semakin realistis. Pada game NBA 2K21, pemain kita bisa lari dari ujung ke ujung lapangan, dribble melewati pemain lawan, lalu menembak bola dengan mulus tanpa kelelahan.

NBA 2K22NBA 2K22 Foto: Screenshot/detikcom-Angga Aliya

Nah di NBA 2K22, kita masih bisa melakukan itu tapi ada stamina yang jadi ukuran. Kalau staminanya habis, jangan harap bisa bergerak lincah lagi ataupun menembak bola dengan mulus.

Semakin capek pemain kita, semakin mereka kehilangan fokus, semakin susah bergerak cepat dan semakin susah menembak dengan jitu. Jadi jangan sembarangan lari ke sana ke mari di lapangan, perhatikan stamina pemain!

Perubahan lain adalah perbaikan di steal (mencuri) bola yang di NBA 2K21 hanya dengan menyenggol pemain lawan saja bolanya bisa lepas dari tangannya. Visual Concepts sepertinya sudah mengerjakan PR-nya.

Kini untuk mencuri bola lawan juga harus pakai taktik dan pakai momentum, tidak lagi sembarangan. Memang kadang issue senggol bola lepas ini juga masih terjadi, tapi tidak sesering di game sebelumnya. Kerja yang bagus tim Visual Concepts!

MyCAREER Kembali Lagi

NBA 2K22NBA 2K22 Foto: Screenshot/detikcom-Angga Aliya

Kembali lagi dan semakin menarik. Semakin banyak hal-hal menarik yang bisa dilakukan di mode MyCAREER, mulai dari jalan-jalan keliling kota The City, menyelesaikan quest, berinteraksi dengan NPC (non playable character), dan lain-lain.

Bisa juga berkeliling memakai skateboard atau inline skate, masuk ke gym buat main minigames, atau bertanding melawan pemain lain. Kalau penat bermain basket terus-terusan mode ini bisa untuk penyegaran sebentar, anggaplah seperti main GTA tapi tanpa ada yang harus mati di gamenya.

Cerita di MyCAREER juga tidak lagi linear seperti tahun lalu, tapi ada beberapa pilihan yang bisa diambil lebih dulu atau belakangan, mirip-mirip seperti main game RPG lah.

Tinggal pilih nih, mau kuliah dulu atau langsung main di G League dan di NBA, semua tergantung pilihan yang kita ambil. Sama seperti di dunia nyata, kita juga aktif di media sosial demi menunjang kepentingan karir.

NBA 2K22NBA 2K22 Foto: Screenshot/detikcom-Angga Aliya

Tak hanya karir sebagai pebasket saja, tapi kita juga bisa mengembangkan skill di area lain seperti fashion hingga bernyanyi rap. Banyak waktu bisa dihabiskan di sini, juga banyak hal yang bisa diolah.

The Neighborhood juga hadir kembali untuk pemain PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, dan PC. Pada tahun ini, pemain bisa menjelajahi "Cancha del Mar"; dari lobi hingga dek teratas, di mana setiap geladak kapal dirancang dengan berbagai pilihan kegiatan.

Bagaimana kesimpulannya? Simak halaman berikutnya.



Simak Video "Mantap! Popularitas 'Squid Game' di YouTube Kalahkan 'Game of Thrones'"
[Gambas:Video 20detik]