Nintendo Switch Pro 4K, Bakal Ada Nggak Sih?

Nintendo Switch Pro 4K, Bakal Ada Nggak Sih?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 01 Okt 2021 09:15 WIB
Nintendo Switch OLED
Foto: Dok. Nintendo
Jakarta -

Kehadiran Nintendo Switch dengan spesifikasi lebih tinggi dan resolusi layar yang lebih besar, mencapai 4K, sempat simpang siur. Bagaimana kebenarannya?

Rumor terbaru ini datang dilaporkan oleh Bloomberg, yang menyebut setidaknya ada 11 perusahaan pengembang game yang dikirimi software toolkit oleh Nintendo. Toolkit tersebut, menurut mereka, dipakai untuk mengembangkan game dengan resolusi 4K.

Ke-11 perusahaan itu tersebar, baik besar maupun kecil. Salah satu di antaranya adalah Zynga, berdasarkan informasi dari seorang karyawannya yang meminta identitasnya dirahasiakan.

Toolkit tersebut mulai disebar Nintendo sebelum mereka memamerkan Nintendo Switch OLED pada Juli lalu. Tooltkit tersebut dipakai untuk menguji game yang berada dalam tahap pengembangan, dan lazim diberikan oleh pembuat konsol.

Nah, paket dari Nintendo tersebut berisi memori tambahan untuk mengakomodasi pengujian software, juga konektor tambahan agar bisa terhubung ke komputer. Nah, berbeda dengan kit untuk Switch versi awal yang hanya bisa mentransfer video 1080p, kit versi baru ini mampu mentransfer video 4K.

Namun pada kenyataannya, Nintendo hanya merilis versi OLED, tanpa perubahan signifikan dari segi hardware. Alias resolusi maksimalnya tetap 1080p. Belum jelas apa yang menjadi hambatan, namun diduga masalahnya ada pada kelangkaan chip.

Namun laporan ini kemudian 'dilawan' oleh Nintendo. Mereka menyebut laporan Bloomberg ini tidak akurat, namun tak spesifik menyebut bagian mana dari laporan tersebut yang tak akurat.

Kemudian lewat Twitter Nintendo pun menepis informasi yang menyebut mereka sudah memberikan toolkit untuk mengembangkan game 4K, dan kembali menegaskan kalau mereka belum punya rencana untuk pengembangan Switch versi lain setelah OLED.

Begitu juga dengan Zynga, yang lewat Sarah Ross, juru bicaranya, menepis informasi kalau perusahaannya itu sudah mempunyai toolkit untuk pengembangan game Nintendo Switch 4K.

"Sebagai klarifikasi, Zynga tidak mempunyai 4K developer kit dari Nintendo," ujarnya dalam pernyataan resmi.

Tanpa ada dukungan resolusi 4K, Switch memang menjadi tertinggal dibanding konsol generasi terbaru seperti PS5 dan Xbox Series X. Bahkan sebelum dua konsol terbaru ini, baik Sony maupun Microsoft sudah mendukung penggunaan resolusi 4K di konsolnya, meski belum terlalu optimal.



Simak Video "Mengintip Penampakan Nintendo Switch OLED yang Baru Dirilis"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)