Review Coocaa S3U, Harga Rp 2 Juta Gambar Kinclong & Bisa TV Digital

Review Coocaa S3U, Harga Rp 2 Juta Gambar Kinclong & Bisa TV Digital

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 30 Sep 2021 08:42 WIB
Coocaa S3U
Coocaa S3U. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Coocaa S3U belum lama ini dirilis di Indonesia. Televisi (TV) ini menawarkan sistem operasi buatan sendiri yang diberi nama Coolita OS, tapi apakah fitur tersebut membuat perangkat seharga Rp 2 jutaan ini menarik untuk dilirik?

detikINET sudah menjajal Coocaa S3U beberapa pekan. Ternyata hal memikat yang kami rasakan malah bukan pada sistem operasinya.

Ada kelebihan lain yang membuat TV anyar Coocaa ini patut dipertimbangkan bagi kamu yang ingin menyambut era siaran TV Digital di Tanah Air. Semuanya terangkum dalam review singkat berikut ini:

Desain

Coocaa S3UCoocaa S3U Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Coocaa S3UCoocaa S3U Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Coocaa S3U mengusung desain modern minimalis nan stylish. Coocaa hanya memasang frame di bagian bawah berkelir warna silver yang dibuat senada dengan kaki penyangga.

Berpadu apik dengan panel yang memiliki bezel tipis, membuat tampilannya begitu sedap dipandang. Bakal mempercantik interior di ruang tengah keluarga.

Berkat body yang ramping membuat pengguna bisa meletakkan TV ini berbagai sudut ruangan. Bobotnya pun cukup ringan sehingga bisa dirakit oleh satu orang. Perakitannya juga sangat gampang, hanya memasang satu sekrup di masing-masing kaki penyangga.

Coocaa S3UCoocaa S3U Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Coocaa memberikan port yang cukup lengkap, mulai dari TV tunner, USB 2.0, LAN hingga HDMI. Semuanya port tadi diletakkan di sisi kiri bagian belakang. Kendati posisinya agak ke tengah, lantaran ukuran TV ini tidak terlalu besar, tangan masih bisa menjangkau port-port tersebut dengan mudah.

TV ini dibekali remote kekinian, artinya tidak banyak tombol yang diberikan. Ukurannya pun nyaman di tangan.

Satu poin plus adanya tombol pintasan YouTube. Banyak televisi pintar tidak menyediakan tombol ini di remotenya, hanya ada Netflix dan Prime Video yang lebih jarang ditonton.

Coocaa S3UCoocaa S3U Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Layar

Coocaa S3U memiliki layar berukuran 32 inch dengan resolusi 1366 x 768 pixel. Bezel di sekeliling layar dibuat tipis dan berwarna hitam, memberikan perspektif lebih luas.

TV ini menggunakan panel DLED (Direct View LED) yang menyuguhkan gambar kinclong dengan detail cukup baik untuk perangkat di kelasnya. Sudut pandang TV ini juga lumayan luas, sehingga tidak perlu duduk di tengah untuk mendapatkan pengalaman menonton terbaik.

Coocaa S3UCoocaa S3U Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Coocaa memberikan tujuh pilihan mode gambar, yakni Standard, Vivid, Eco, Game, Movie, Sports dan User. Alhasil pengguna dapat menyesuaikan mode gambar dengan konten yang ditonton. Dan untuk memilih mode gambar tadi dapat diakses dengan mudah lewat tombol menu samping yang ada di remote.

TV Digital

Coocaa S3UCoocaa S3U mendukung DVB-T2. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Coocaa S3UKualitas gambar siaran TV digital di Coocaa S3U Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

TV ini sudah mendukung DVB-T2 artinya dapat menangkap siaran digital tanpa perlu memasang set top box (STB) lagi. Lantaran berada di daerah yang di kelilingi gedung tinggi, kami menggunakan antena outdoor yang memiliki booster.

Ada sebanyak 45 channel TV digital yang didapat. Kualitas gambarnya sangat bagus layaknya menonton streaming video, dan tentu saja bebas semut. Bahkan beberapa channel menyediakan opsi audio, Mpeg atau Dolby Digital.

Audio

Coocaa S3UFitur Dolby Audio di Coocaa S3U Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Televisi ini dibekali dua speaker tunggal berdaya tinggi 10W yang dilengkapi teknologi Coocaa Sound AES (Audio Enhanced Surround), dan efek Dolby Audio. Kualitas suara yang dihasilkan memang tidak menggelegar, namun tidak pecah saat diatur ke volume tinggi. Selain itu tersedia mode audio, seperti musik, film, sport dan lainnya.

Untuk Dolby Audio tidak tersedia secara default, fitur ini aktif ketika memutar konten yang mendukung. Pengalaman detikINET, Dolby Audio muncul ketika memutar film di Netflix dan Disney+ Hotstar melalui Chromecast.