Review Huawei MateBook D 15, Sip untuk Kerja dan Sekolah Online - Halaman 2

Review Huawei MateBook D 15, Sip untuk Kerja dan Sekolah Online

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 07 Sep 2021 08:45 WIB
Huawei MateBook D15 2021
Huawei MateBook D 15. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Performa

MateBook D 15 ditenagai oleh prosesor Intel i3 - 10110U yang RAM DDR4 8 GB dan memori internal PCIe SSD256 GB. Saat digunakan tugas keseharian tidak ada keluhan sama sekali.

Mengetik lancar, bahkan membuka banyak situs (hingga 20 tab) di browser tidak lemot sama sekali, tak panas dan dan tetap senyap tanpa ada suara kipas. Kemungkinan ini karena adanya Huawei Shark Fin Fan 2.0 yang punya lebih banyak bilah kipas sehingga menghadirkan sistem pendinginan yang lebih baik dan output udara yang lebih besar.

Sayangnya ketika hendak benchmark dengan PC Mark 10, aplikasi ini tidak bisa terinstal lantaran detikINET menjalankan Windows 11. Bicara mengenai sistem operasi terbaru Microsoft ini dapat berjalan lancar di MateBook D 15. Semoga saja ketika Windows 11 dirilis 5 Oktober nanti pengguna laptop ini dapat segera mendapatkannya.

Huawei MateBook D15 2021Huawei MateBook D 15 2021 menjalankan Windows 11 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Ekosistem

Salah satu kelebihan MateBook D 15 adalah ekosistem Huawei. Ketika pengguna punya smartphone dan tablet Huawei dapat terhubungan dengan laptop ini.

Ada Huawei Share yang memungkinkan menampilkan layar ponsel di MateBook D 15 hanya dengan sekali sentuhan. Pengguna bisa menjalankan aplikasi ponsel di layar laptop.

Selain itu memudahkan pertukaran file dengan cara drag and drop. Mengirim pesan ponsel menggunakan keyboard dan touchpad laptop, bahkan dapat menerima panggilan suara dan video yang masuk ke ponsel yang terhubung di layar MateBook.

Selain itu Huawei memberikan PC Manager. Fitur ini tidak hanya untuk bantu memantau kondisi kesehatan laptop dan download driver, juga memudahkan kolaborasi dengan smartphone dan tablet Huawei.

detikINET menjajal dengan MatePad 11. Ketika dua perangkat terhubung, akan ada tiga opsi yakni Mirror, Extended dan Collaborate.

Huawei MateBook D15 2021Huawei MateBook D15 2021 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Saat memilih Mirror, apa yang ditampilkan di layar laptop sama dengan di tablet. Sementara Extended, tablet akan menjadi layar tambahan bagi laptop.

Menariknya saat memilih mode Mirror maupun Extended, kita melakukan pengontrolan dari tablet. Seolah kita menggunakan tablet Windows.

Tidak hanya itu, kita bisa input tulisan menggunakan Smart Keyboard atau M-Pencil. Ini akan sangat membantu ketika harus menandatangani dokumen digital.

Kalau Collaborate, dua perangkat tetap menjalankan sistem operasi masing-masing. Namun pengguna dimungkinkan mengontrol tablet dari laptop, baik menggunakan touchpad maupun keyboard.

Mode Collaborate ini akan membantu bagi kamu drag dan drop file antar perangkat. Jadi lebih praktis dan cepat, ketimbang harus memindahkan terlebih dulu ke perangkat penyimpanan internal atau bahkan berbasis cloud.

Pengalaman Multi-Screen Collaboration yang diberikan Huawei ini lebih baik ketimbang ketimbang kemampuan sejenis yang ditawarkan Apple pada MacBook dan iPad Pro. Bikin proses multitasking lebih maksimal, alhasil produktivitas pun lebih meningkat.

Huawei MateBook D15 2021Huawei MateBook D 15 2021 saat terhubung dengan MatePad 11 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Baterai

Daya tahan baterai MateBook D 15 cukup lama dari versi AMD yang dirilis tahun lalu. Kapasitasnya sama-sama 42Wh, tetapi model AMD bertahan hingga 4 jam penggunaan.

Laptop ini dapat digunakan hingga lebih dari 7 jam penggunaan. Huawei membekali fast charging 65W sehingga pengisian cepat. Baterai terisi penuh kurang dari satu jam.

Dalam paket penjualan diberikan charger 65W yang berukuran compact. Tapi laptop ini tetap bisa menggunakan charger 65W pihak ketiga.

Huawei MateBook D15 2021Huawei MateBook D15 2021 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Opini detikINET

MateBook D 15 dapat diandalkan untuk kerja dan sekolah online. Meski bodynya besar, bobot tetap ringan untuk dibawa mobile.

Ukuran layar yang lapang memudahkan multitasking. Kendati menggunakan Intel Core i3 generasi kesepuluh, laptop ini menyajikan kinerja yang lancar saat mengetik tugas, melakukan video call dan lainnya. Membuka banyak tugas secara bersamaan tidak membuat laptop ini panas dan tetap senyap tanpa deruan suara kipas pendingin.

Baterainya pun tahan lama, dan ketika habis pun cepat terisi penuh dalam waktu kurang dari satu jam. Paling penting MateBook D 15 dapat menjalankan Windows 11 dengan lancar.

Tapi ada beberapa kekurangan yang dimiliki laptop ini, seperti absennya backlight pada keyboard dan posisi webcam di bawah. Jika tidak masalah akan hal tersebut, MateBook D 15 sip jadi partner WFH dan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

(afr/afr)