Review Huawei MatePad 11, Tablet HarmonyOS Rp 7 Jutaan Asyik untuk WFH

Review Huawei MatePad 11, Tablet HarmonyOS Rp 7 Jutaan Asyik untuk WFH

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 05 Agu 2021 07:20 WIB
Huawei MatePad 11
Huawei MatePad 11. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Ketika Huawei mengumumkan MatePad 11, kami begitu menantikan kehadirannya di Indonesia. Sebab tablet ini menjadi salah satu perangkat pertama yang menjalankan HarmonyOS 2.0.

HarmonyOS adalah sistem operasi buatan Huawei sendiri. Ini sebagai jawaban atas tidak diperbolehkannya mereka menggunakan layanan Google di perangkatnya.

Semua itu buntut dari kebijakan pemerintah AS yang menuding perangkat Huawei sebagai alat mata-mata China. Padahal berulang kali Huawei membantah tuduhan tersebut.

Barangkali Huawei berpikir sudah waktunya berdiri sendiri. Maka dicetuskanlah ide untuk mengembangkan sistem operasi sendiri guna dijalankan di semua perangkat besutnya.

Bahkan ketika itu terealisasi, Huawei membuka diri bagi vendor manapun yang ingin menggunakan Harmony OS 2.0 untuk dipakai di gadget buatannya.

Kembali ke Huawei MatePad 11, ini menjadi salah satu perangkat pertama Harmony OS 2.0 yang mendarat di Tanah Air. detikINET sudah menjajalnya, bahkan review ini diketik lewat MatePad 11.

HarmonyOS 2.0 tidak saja membantu produktivitas saat work from home (WFH), tapi lebih dari itu fitur-fitur yang ada di tablet ini bentuk mengisi waktu di rumah selama PPKM Darurat. Berikut review singkatnya:

Harmony OS 2.0

Huawei MatePad 11Huawei MatePad 11 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Meski ini adalah sistem operasi baru yang dibuat oleh Huawei, rasanya kami tidak membutuhkan waktu adaptasi menggunakan HarmonyOS 2.0. Karena seperti familiar menggunakannya

Bisa jadi Huawei terinspirasi dengan sistem operasi yang sudah ada di pasaran. Hal itu menurut kami tidak jadi soal toh ujung-ujung demi kenyamanan penggunaan.

Seperti iPadOS ketika swipe ke bawah layar kiri atas akan menampilkan notifikasi. Sementara swipe ke bawah layar kanan atas akan muncul Panel Control. Panelnya dibuat berukuran besar sehingga memudahkan untuk melakukan pengaturan tanpa perlu membuka bagian Settings.

Layar utamanya enak dipandang. Memadukan widget yang bisa kita atur bentuk serta ukuran, dan dock untuk menempatkan aplikasi yang sering kita gunakan.

MatePad 11Widget instan saat swipe ke atas ikon aplikasi di MatePad 11 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Layaknya macOS, di deretan docking ini, Huawei menampilkan ikon aplikasi yang tengah atau telah dibuka. Dan menariknya ketika men-swipe ke atas sejumlah aplikasi akan tampil widget instan.

Tak hanya itu, ketika aplikasi kita kumpulkan dalam satu folder, ukuran foldernya sendiri bisa kita atur, mau kecil atau besar.

Untuk melakukan multitasking pun cukup mudah. Hanya tinggal swipe agak lama di pinggiran layar sisi kanan hingga tampil pop-up bar aplikasi. Tinggal pilih mana aplikasi yang ingin inginkan.

Tidak hanya membuka dua aplikasi secara bersandingan, pengguna dapat membuka empat aplikasi secara bersamaan. Kemampuan ini begitu memudahkan produktivitas saat WFH seperti sekarang ini.

MatePad 11MatePad 11 bisa membuka empat aplikasi sekaligus dalam satu waktu. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kami pun mendapati beberapa aplikasi membagi layar menjadi dua bagian. Kami sempat membuka aplikasi detikcom, layar kiri menampilkan halaman utama, sementara di kanan tampilan berita yang telah diklik sebelumnya.

Lalu Instagram, saat mengklik Stories, konten akan dibuka di sisi kanan. Jadi kita tetap bisa menjelajahi feed sembari melihat video di Instagram Stories secara bersamaan.

Secara keseluruhan HarmonyOS 2.0 terasa sangat smooth dan mudah digunakan. Aplikasi umum yang banyak digunakan telah tersedia di Huawei Apps Gallery dan Petal.

Sedikit kendala saat membuka aplikasi yang menggunakan akun Google untuk login. Untuk mengakses layanan Google sendiri, mulai dari Gmail hingga YouTube dapat dengan mudah dilakukan lewat browser.

Selanjutnya Layar, Desain, Aksesori



Simak Video "Xiaomi 11T Pro, Smartphone Gahar 6 Juta"
[Gambas:Video 20detik]