Review Mi 11 Lite, Tipis dan Enteng

Review Mi 11 Lite, Tipis dan Enteng

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 25 Jun 2021 17:49 WIB
Xiaomi Mi 11 Lite
Xiaomi Mi 11 Lite. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Xiaomi melengkapi seri flagship Mi 11 dengan dua HP baru, salah satunya adalah Mi 11 Lite, yang dari namanya -- dan harganya --, akan disangka sebagai varian murah dari Mi 11.

Tudingan itu tak sepenuhnya salah, harganya memang (jauh) lebih murah dari Mi 11, begitu juga dengan spesifikasinya yang lebih rendah. Namun kata 'Lite' di sini juga mengacu ke hal lain, yaitu bodinya yang lebih ringan dan tipis dibanding saudaranya.

Desain dan layar
Meski harganya yang lebih murah, Mi 11 Lite ini jelas adalah saudara kandung Mi 11 karena banyaknya kemiripan dari keduanya. Sebut saja desain kamera belakang, lokasi hole punch di layar untuk kamera depan, juga lokasi logo Xiaomi di bagian belakang bodinya.

Xiaomi Mi 11 LiteXiaomi Mi 11 Lite Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Perbedaannya adalah Mi 11 Lite menggunakan sensor sidik jari di tombol power, sementara Mi 11 punya sensor sidik jari di bawah layarnya. Lalu jika diperhatikan, rangka bodinya pun terbuat dari plastik, yang meski terasa mewah tetap berbeda saja dibanding rangka metal di Mi 11.

Xiaomi Mi 11 LiteXiaomi Mi 11 Lite Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Layar Mi 11 berukuran 6,55 inch FHD+, tak terlalu besar dibanding kebanyakan HP yang ada saat ini namun tetap cukup besar untuk bermacam keperluan, termasuk menonton video. Layarnya ini juga dilapisi oleh Gorilla Glass 5.

Xiaomi Mi 11 LiteXiaomi Mi 11 Lite Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Namun yang menarik, bodi Mi 11 Lite terasa cukup lebar untuk HP seukurannya. Mungkin ini disebabkan layarnya yang rata dan tidak melengkung, sementara HP dengan layar melengkung akan bisa memberikan layar lebih besar dengan bodi yang lebih kecil.

Xiaomi Mi 11 LiteXiaomi Mi 11 Lite Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Terkait mana yang lebih nyaman antara layar rata ataupun melengkung, hal ini tentu tergantung preferensi penggunanya. Tapi yang jelas, meski bodinya terasa cukup lebar, Mi 11 Lite tetap nyaman dan mudah digenggam karena bobotnya yang ringan, hanya 157 gram, dan diklaim paling ringan serta tipis di kelasnya.

Nah jika dari desain bodi mirip dengan Mi 11, spesifikasi Mi 11 Lite ini sebenarnya mirip dengan Redmi Note 10 Pro. Jika performanya mirip dengan Redmi Note 10 Pro, maka Mi 11 Lite ini adalah HP yang kencang untuk keperluan sehari-hari. Benarkah? Yuk simak di halaman berikutnya.

Performa ada di halaman berikutnya