Review Oppo Enco Buds, Asik untuk Dengar Musik dan Main Game - Halaman 2

Review Oppo Enco Buds, Asik untuk Dengar Musik dan Main Game

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 22 Jun 2021 06:05 WIB
Oppo Enco Buds
Oppo Enco Buds. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Latensi Rendah

Oppo Enco Buds membawa dukungan Bluetooth 5.2 yang punya konektivitas yang sangat baik. Selama digunakan earphone ini begitu stabil meski digunakan dalam jarak 10 meter dari posisi ponsel berada.

Oppo menerapkan transmisi Binaural Bluetooth yang memungkinkan kedua earbud menerima audio pada saat yang bersamaan. Alhasil menggunakan salah satu atau kedua earbud secara bersamaan tidak jadi masalah.

Enco Buds dapat diandalkan untuk bermain game. Hanya tinggal menekan tiga kali permukaan earbuds untuk mengaktifkan Mode Game yang memberikan latensi 80ms.

Benar saja ketika mode ini dikatifkan suara tembakan saat memainkan Call of Duty (COD) Mobile tak delay sama sekali. Pengalaman bermain game mobile jadi semakin seru.

Oppo Enco BudsOppo Enco Buds Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Suara Oke

Kualitas suara yang disajikan Enco Buds cukup memuaskan telinga mengingat harganya. Oppo memasang driver dinamis 8 mm yang dilengkapi dukungan codec AAC/SBC. Selain itu punya rentang respons frekuensinya 20 Hz - 20 kHZ dengan sensitivitas driver 100,6 dB.

Aneka ragam genre musik yang kami dengar menggunakan TWS ini terdengar oke, apalagi yang ngebeat. Saat mendengarkan lagu Save Your Tears, dentuman suara bass terasa mantap di telinga tanpa mengaburkan vokal The Weekend dan lengkingan suara Ariana Grande.

detikINET sempat menggunakan TWS ini untuk menonton Rurouni Kenshin The Final di Netflix. Dialog terdengar begitu jelas, suara dentuman menggelegar, scoring musik jadi terasa megah. Makin terpukau saat kami mengaktifkan fitur Dolby Atmos, menambah maksimal menyaksikan aksi Kenshin.

Tapi tidak hanya musik, saat dipakai menelpon Enco Buds pun tetap asik. Suara penelpon terdengar jelas, begitu pula suara yang ditangkap lawan bicara, padahal kami tengah berada di stasiun.

Rupanya earphone ini punya fitur Call Noise Reduction yang meredam kebisingan suara latar saat TWS ini digunakan untuk menelpon.

Oppo Enco BudsOppo Enco Buds Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Baterai Tahan lama

Menambah nilai keunggulan Enco Buds adalah ketahanan baterainya. Di tiap earbuds terpasang baterai 40 mAh, sementara casenya 400 mAh.

Saat kami gunakan, earbuds yang terisi penuh dapat digunakan lebih dari 5 jam. Sementara case-nya, seharian digunakan tak habis dayanya.

Oppo menyebut kalau pemakaian TWS anyarnya ini 24 jam. Saat diisi ulang butuh hampir dua jam untuk mengisi penuh case.

Opini detikINET

Oppo Enco Buds yang dijual Rp 599.000 memberikan kemampuan diluar ekspektasi. Musik yang dihasilkan earphone ini sangat bagus untuk di kelasnya.

Berkat latensi yang rendah bikin suara tak delay, bikin seru saat bermain game. Baterainya pun tergolong tahan lama.

Sekiranya Oppo menyediakan aplikasi khusus untuk pengaturan earphonenya. Selebihnya Oppo Enco Buds asik untuk mendengar musik, nonton film maupun bermain game.

(afr/afr)