Selain Koneksi Super Ngebut, Ini Keuntungan 5G

Selain Koneksi Super Ngebut, Ini Keuntungan 5G

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 11 Jun 2021 06:16 WIB
5G
Manfaat 5G. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Jaringan 5G memang menawarkan koneksi super ngebut dibandingkan pendahulunya. Tapi keuntungan dari teknologi ini tidak sebatas itu.

Dijelaskan PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, 5G bakal berguna untuk cloud gaming. Pada MWC 2019, Oppo mengetes memainkan game Soul Calibur VI pada perangkat Xbox One dengan server Shadow yang berlokasi di Belanda, dan game ini dimainkan di Barcelona, Spanyol.

"Berkat latensi yang rendah, cloud gaming dapat memainkan game AAA atau grafis tinggi seperti PC atau konsol dengan mudah pada smartphone di jaringan 5G. Dan itu tidak memerlukan resource yang besar, tidak memerlukan CPU atau GPU yang bekerja secara berat," kata Aryo saat acara Oppo 5G Academy Vol. 4.

Keuntungan 5G lainnya adalah Internet of Thing (IoT). Adanya 5G menjembatani komunikasi mesin ke mesin, sebelumnya 4G hanya menghubungkan manusia ke mesin.

"Dengan adanya latensi yang rendah, komunikasi antara mesin ke mesin akan berjalan lebih lancar, perintah akan direspon lebih cepat," jelas Aryo.

Dicontohkan ketika kita memberikan perintah pada smartphone untuk menyalakan lampu ruangan atau mengoperasikan robot penyapu, ini terjalin komunikasi antara mesin ke mesin. Dengan latensi rendah responnya akan jauh lebih cepat.

"Di 4G memang bisa, tapi komunikasinya lebih lambat," ujar Aryo.

Keuntungan ketiga yang tidak kalah pentingnya adalah augmented reality (AR). Ini adalah teknologi baru yang membawa dunia virtual ke dunia nyata.


AR menghadirkan banyak kemungkinkan, di antaranya multimedia tingkat lanjut dan permainan online interaktif. Saat ini banyak perusahaan sudah memanfaatkan AR pada layanannya. Paling familiar adalah aplikasi Ikea yang memungkinkan konsumennya menaruh berbagai produk mereka secara virtual di rumah melalui teknologi AR.

Aryo mengatakan pihaknya sendiri sudah mengembangkan CyberReal AR, sebuah aplikasi yang dibuat untuk mendemokan AR. Saat ini aplikasi tersebut digunakan di Oppo Flagship Store Beijing Wukesong dan Guangzhou Zhengjia Plaza untuk berinteraksi dengan perangkat Find X3 Pro.



Simak Video "Rekomendasi HP 5G di Bawah Rp 4 Juta di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)